PENGARUH DISIPLIN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA KOPERASI ANUGERAH KITO MAKMUR JAYA TUGUMULYO OGAN KOMERING ILIR

Sri Sarwo Sari(1),


(1) STIE Trisna Negara
Corresponding Author

Abstract


Didalam mendukung kemajuan dan pengembangan suatu organisasi sangat perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan terus menerus di segala bidang dan semua aspek kehidupan. Tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki etos kerja yang tinggi merupakan modal utama suatu organisasi untuk dapat sejajar dengan organisasi lainnya. Tanpa adanya pribadi-pribadi dari masing-masing individu untuk berusaha maju tanpa perlu dipaksa maka suatu organisasi tersebut tidak berarti apa-apa.  Pada Koperasi Anugerah Kito Makmur Jaya Tugumulyo Ogan Komering Ilir, ternyata disiplin belum dilaksanakan dengan baik sehingga produktivitas kerja karyawan belum optimal. Permasalahan yang dihadapi adalah Bagaimana pengaruh disiplin terhadap produktivitas kerja karyawan pada Koperasi Anugerah Kito Makmur Jaya Tugumulyo Ogan Komering Ilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap produktivitas kerja karyawan pada Koperasi Anugerah Kito Makmur Jaya Tugumulyo Ogan Komering Ilir serta berguna sebagai bahan acuan untuk penelitian selanjutnya mengenai disiplin dan produktivitas kerja karyawan. Hipotesis yang diajukan, Disiplin berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan pada Koperasi Anugerah Kito Makmur Jaya Tugumulyo Ogan Komering Ilir. Pengumpulan dan pengolahan data dengan menggunakan studi pustaka dan studi lapangan dengan menggunakan cara observasi, kuisioner, interview dan dokumentasi. Dari hasil pembahasan diperoleh korelasi antara disiplin dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja karyawan pada Koperasi Anugerah Kito Makmur Jaya Tugumulyo Ogan Komering Ilir  diperoleh angka r sebesar 0,57. Setelah dikonsultasikan dengan standar konservatif  terletak antara 0,400- 0,599 yang termasuk pada korelasi sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh yang sedang antara disiplin terhadap produktivitas kerja karyawan  pada Koperasi Anugerah Kito Makmur Jaya Tugumulyo Ogan Komering Ilir.


References


Evi Riyanti, Yansahrita. 2019. “Pengaruh Disiplin Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Ogan Komering Ulu Timur.” Jurnal Signaling 8(2):48–54.

Fauzi. 2013. Manajeman Itu Mudah. Jakarta: Rajawali.

Fauzi, Rita Irviani. 2018. Penagntar Manajeman Edisi Revisi. diedit oleh Putri Chistian. Yogyakarta: Andi Offset.

Garaika. 2019a. Manajemen Sumberdaya Manusia. diedit oleh Yansahrita. Sumatera Selatan: STIE Trisna Ngara.

Garaika. 2019b. “The Effects of Fatigue , Role Overload and Stress on Farmer ’ s Work Safety Fatigue and Stress.” Hal. 13–17 in The 2nd International Conference on Inclusive Business in the Changing World.

Iis Mardeli, Yansahrita. 2019. “Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Belitang Madang Raya OKU Timur.” Jurnal Aktual STIE Trisna Negara 17(1):41–52.

Margahana, Helisia, Garaika. 2019. “The Influence Of Credibility And Voluntariness Toward Technological Use Behavior : Entrepreneurial Potential Model Approach.” International Journal of Entrepreneurship 23(2):1–9.

Mcleod, Raymond dan George P. Schell. 2001. Sistem Informasi Manajemen.

Ruliyansa. 2018. “Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Koperasi Anugerah Kito Makmur Jaya (AKMJ) Belitang OKU Timur.” Jurnal Aktual STIE Trisna Negara 16(2):82–91.

Sahlan, Sri Sarwo Sari. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada CV. Sido Bella Belitang OKU Timur.” Jurnal Aktual STIE Trisna Negara 17(1):36–40.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 427 times
PDF Download : 65 times

DOI: 10.56327/signaling.v9i1.864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.