PENGARUH KOORDINASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. BULUH CAWANG PLANTATIONS DABUK REJO OGAN KOMERING ILIR

Yansahrita Yansahrita(1),


(1) STIE Trisna Negara Oku Timur
Corresponding Author

Abstract


Didalam mendukung kemajuan dan pengembangan suatu organisasi sangat perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan terus menerus di segala bidang dan semua aspek kehidupan. Tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki etos kerja yang tinggi merupakan modal utama suatu organisasi untuk dapat sejajar dengan organisasi lainnya. Tanpa adanya pribadi-pribadi dari masing-masing individu untuk berusaha maju tanpa perlu dipaksa maka suatu organisasi tersebut tidak berarti apa-apa.  Pada PT. Buluh Cawang Plantations Dabuk Rejo Ogan Komering Ilir, ternyata Koordinasi belum dilaksanakan dengan baik sehingga Efektivitas kerja karyawan belum optimal. Permasalahan yang dihadapi adalah Bagaimana pengaruh Koordinasi terhadap Efektivitas kerja karyawan pada PT. Buluh Cawang Plantations Dabuk Rejo Ogan Komering Ilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Koordinasi terhadap Efektivitas kerja karyawan pada PT. Buluh Cawang Plantations Dabuk Rejo Ogan Komering Ilir serta berguna sebagai bahan acuan untuk penelitian selanjutnya mengenai Koordinasi dan Efektivitas kerjakaryawan. Hipotesis yang diajukan, Koordinasi berpengaruh positif terhadap Efektivitas kerja karyawan pada PT. Buluh Cawang Plantations Dabuk Rejo Ogan Komering Ilir. Pengumpulan dan pengolahan data dengan menggunakan studi pustaka dan studi lapangan dengan menggunakan cara observasi, kuisioner, interview dan dokumentasi. Dari hasil pembahasan diperoleh korelasi antara Koordinasi dalam upaya meningkatkan Efektivitas kerja karyawan pada PT. Buluh Cawang Plantations Dabuk Rejo Ogan Komering Ilir  diperoleh angka r sebesar 0,57. Setelah dikonsultasikan dengan standar konservatif  terletak antara 0,400- 0,599 yang termasuk pada korelasi sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh yang sedang antara Koordinasi terhadap Efektivitas kerja karyawan  pada PT. Buluh Cawang Plantations Dabuk Rejo Ogan Komering Ilir.


References


Agung Wijayanto, Amin Wahyudi dan Y. Djoko Suseno. 2017. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Karyawan Administrasi Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soehadi Prijonegoro Kabupaten Sragen Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia 11(2):204–19.

Evi Riyanti, Yansahrita. 2019. “Pengaruh Disiplin Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Ogan Komering Ulu Timur.” Jurnal Signaling 8(2):48–54.

Fauzi. 2013. Manajeman Itu Mudah. Jakarta: Rajawali.

Fauzi, Rita Irviani. 2018. Penagntar Manajeman Edisi Revisi. diedit oleh Putri Chistian. Yogyakarta: Andi Offset.

Garaika. 2019. Manajemen Sumberdaya Manusia. diedit oleh Yansahrita. Sumatera Selatan: STIE Trisna Ngara.

Iis Mardeli, Yansahrita. 2019. “Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Belitang Madang Raya OKU Timur.” Jurnal Aktual STIE Trisna Negara 17(1):41–52.

Novitasari. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai PT. LPI.” Jurnal Signaling 7(2):39–44.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 493 times
PDF Download : 82 times

DOI: 10.56327/signaling.v9i1.862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.