SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PENERIMA RASKIN (BERAS UNTUK RAKYAT MISKIN) MENGGUNAKAN METODE SAW (Studi Kasus: Desa Cabang Empat Kec. Abung Selatan Kab. Lampung Utara)

Nisa Ulfitri Marlaeni(1), Fiqih Satria(2),


(1) Jurusan Sistem Informasi, STMIK Pringsewu, Lampung
(2) Jurusan Sistem Informasi, STMIK Pringsewu, Lampung
Corresponding Author

Abstract


Beras untuk keluarga miskin atau raskin merupakan program pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan. Program raskin ini bertujuan untuk membantu kelompok miskin dan rentan miskin mendapat cukup pangan dan nutrisi karbohidrat tanpa terkendala. Namun dalam pelaksanaan raskin ini banyak masalah, diantara masalah tersebut adalah pembagian beras yang salah sasaran, untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuat sebuah penelitian untuk mengembangkan suatu aplikasi komputer yang membantu mengambil sebuah  keputusan. Subjek pada penelitian ini adalah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan penerima raskin menggunakan metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM). Metode penggumpulan data dengan literatur, dokumentasi, wawancara. Tahap pengembangan aplikasi meliputi perancangan interface, analisis, pembuatan diagram konteks, diagram alir data, Entity Realationship Diagram, metode yang digunakan adalah metode FMADM. Dari penelitian yang menghasilkan sebuah perangkat lunak sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerima raskin menggunakan metode FMADM dengan kemampuan dapat membantu menyeleksi warga berdasarkan kriteria-kriteria kondisi rumah, pekerjaan, penghasilan, jumlah tanggungan, aset pribadi (sawah/kebun). Informasi yang dihasilkan adalah warga layak dan tidak layak menerima beras. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan.


Keywords


Raskin, Sistem Pendukung Keputusan, FMADM

References


Arfianti. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa. Yogyakarta

Afifah, Nur. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Magang Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Madura: Universitas Trunojoyo.

Badan Pusat Statistik. 2011. Keadaan Penduduk Indonesia. Jakarta

Hardiyanti. 2011. Pembuatan Model Pendukung Keputusan Menggunakan FMADM untuk Menentukan Komoditi Unggulan pada Daerah Agroindustri Provinsi Lampung.

Jogiyanto. 2011. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: andi Offset.

Kusrini. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Penerima Raskin. Bantul

Muslihudin, Muhamad (2015). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)(Studi Kasus : SMA Negeri 01 Kalirejo). SNIF Universitas Potensi Utama Medan. Medan.

Tim Penyusun. Pedoman Umum Raskin. 2014. Jakarta

Tim Penyusun. Pedoman Umum Raskin. 2015. Jakarta

Turban. 2010. Sistem Penunjang Keputusan dan Konsep-konsepnya. Yogyakarta: Andi Offset

http://www.tnp2k.go.id/id/tanya-jawab/klaster-i/beras-bersubsidi-bagi-masyarakat-diakses tanggal 02 Maret 2017, 10.00 WIB


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 252 times
PDF Download : 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->