SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KUALITAS PELAYANAN PADA APOTEK AMONG ROGO ADILUWIH
(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
(2) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author
Abstract
Kualitas pelayanan dari suatu perusahaan perdagangan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Semakin baik kualitas pelayanan maka tingkat kepuasan konsumen semakin tinggi. Tingkat kepuasan yang tinggi memungkinkan bertambahnya konsumen pada perusahaan yang bersangkutan. Evaluasi terhadap kualitas pelayanan pada Apotek Among Rogo sangat diperlukan karena hasil dari evaluasi tersebut dapat digunakan sebagai rujukan untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan usaha peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif dari sejumlah alternatif yang ada. Alternatif yang dimaksud adalah tingkatan kualitas pelayanan yaitu : (1) Sangat Buruk, (2) Buruk, (3) Cukup, (4) Baik, (5) Sangat Baik. Hasil evaluasi berdasarkan observasi terhadap Apotek Among Rogo turut dihitung bersama alternatif-alternatif tersebut dan alternatif yang nilainya mendekati perhitungan hasil evaluasi pelayanan pada Apotek Among Rogo adalah alternatif yang dianggap tepat untuk menentukan kualitas pelayanan pada Apotek Among Rogo. Sistem ini masih bisa dikembangkan lagi dengan cara menambah bobot kriteria – kriteria, atau dengan menggunakan metode – metode yang lain.
Keywords
References
Arifianto, I., Oktiarso, T., & Widiyanto, S.
(2014). Peningkatan Kualitas Pelayanan
Bengkel Garuda dengan Metode QFD dan
Model Kano. Volume 2 No. 2/Juli2014.
Baroroh, F. (2014). Evaluasi Kepuasan
Konsumen Terhadap Pelayanan
Kefarmasian Di Apotek Kota Yogyakarta.
Pharmaciana, 4(2).
Oktaputra, A. W., & Noersasongko, E. (2014).
Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan
Pemberian Kredit Motor Menggunakan
Metode Simple Additive Weighting Pada
Perusahaan Leasing Hd Finance. Tugas
Akhir Sistem Informasi Universitas Dian
Nuswantoro Semarang.
Putra, A., & Hardiyanti, D. Y. (2014).
Penentuan Penerima Beasiswa Dengan
Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute
Decission Making. Jurnal Sistem Informasi.
Sistem Pendukung Keputusan (SPK).http://
www.kajianpustaka.com/2013/09/sistem-
pendukung-keputusan-spk.html (20 Agustus
Suratno, S., Fathoni, A., & Haryono, A. T.
(2016). Pengaruh Citra Perusahaan Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas
Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan
Sebagai Variabel Intervening Pada PT
Pelabuhan Indonesia III Semarang. Journal
of Management, 2(2).
Article Metrics
Abstract View : 386 timesPDF Download : 160 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.