SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KUALITAS PELAYANAN PADA APOTEK AMONG ROGO ADILUWIH

Febriana Febriana(1), Dedi Irawan(2),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
(2) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Kualitas pelayanan dari suatu perusahaan perdagangan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Semakin baik kualitas pelayanan maka tingkat kepuasan konsumen semakin tinggi. Tingkat kepuasan yang tinggi memungkinkan bertambahnya konsumen pada perusahaan yang bersangkutan. Evaluasi terhadap kualitas pelayanan pada Apotek Among Rogo sangat diperlukan karena hasil dari evaluasi tersebut dapat digunakan sebagai rujukan untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan usaha peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif dari sejumlah alternatif yang ada. Alternatif yang dimaksud adalah tingkatan kualitas pelayanan yaitu : (1) Sangat Buruk, (2) Buruk, (3) Cukup, (4) Baik, (5) Sangat Baik. Hasil evaluasi berdasarkan observasi terhadap Apotek Among Rogo turut dihitung bersama alternatif-alternatif tersebut dan alternatif yang nilainya mendekati perhitungan hasil evaluasi pelayanan pada Apotek Among Rogo adalah alternatif yang dianggap tepat untuk menentukan kualitas pelayanan pada Apotek Among Rogo. Sistem ini masih bisa dikembangkan lagi dengan cara menambah bobot kriteria – kriteria, atau dengan menggunakan metode – metode yang lain.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Kualitas Pelayanan, Simple Additive Weighting

References


Arifianto, I., Oktiarso, T., & Widiyanto, S.

(2014). Peningkatan Kualitas Pelayanan

Bengkel Garuda dengan Metode QFD dan

Model Kano. Volume 2 No. 2/Juli2014.

Baroroh, F. (2014). Evaluasi Kepuasan

Konsumen Terhadap Pelayanan

Kefarmasian Di Apotek Kota Yogyakarta.

Pharmaciana, 4(2).

Oktaputra, A. W., & Noersasongko, E. (2014).

Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan

Pemberian Kredit Motor Menggunakan

Metode Simple Additive Weighting Pada

Perusahaan Leasing Hd Finance. Tugas

Akhir Sistem Informasi Universitas Dian

Nuswantoro Semarang.

Putra, A., & Hardiyanti, D. Y. (2014).

Penentuan Penerima Beasiswa Dengan

Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute

Decission Making. Jurnal Sistem Informasi.

Sistem Pendukung Keputusan (SPK).http://

www.kajianpustaka.com/2013/09/sistem-

pendukung-keputusan-spk.html (20 Agustus

Suratno, S., Fathoni, A., & Haryono, A. T.

(2016). Pengaruh Citra Perusahaan Dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas

Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan

Sebagai Variabel Intervening Pada PT

Pelabuhan Indonesia III Semarang. Journal

of Management, 2(2).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 386 times
PDF Download : 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->