PENERAPAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK PEMBELLIAN KOMPUTER
(1) Jurusan Sistem Informusi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian kamputer dan variabel yang mewakili setiap faktor-faktornya. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 105 responden dengan teknik non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner yang kemudian diolah menggunakan sortware SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) dengan menggunakan teknik analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya sosial, pribadi, psikalogis dan bauran pernasaran udalah fakor yang dipertimbangkan kansumen dalam keputusan pembelian komputer. Variabel-variabel yang mewakili setiap fukor sdalah : (l) variabel sub-budaya (2) variablel teman , (3) variabel kepribadian diri, (4) variabel persepsi, dan (5) variabel saluran distribusi. Implikasi yang diharapkan dari penelitian ini adalah kebijakan-kebijakan pemasaran untuk konsumen sebaiknya menggunakan pendekatan-pendekatan pada faktor badaya, seperti iklan yang menampilkan bagaimana keseharian aktivitas masyarakat yang menbutuhkan komputer sebagai penunjang kebutuhan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan teknologi dan informasi sehingga faktor budaya menjadi pertimbangan dalam memilih komputer.
Keywords
References
Arbie, E : pengrtian Sistem Informasi Menurut Para Ahli : 2000.
Aftre, S : Pengertian Database Menneuurut Para Ahli : 2000.
Irna, Yuniar. Sistem manaJemen Basis Data,
Bandung : Politeknik Telkom, 2009.
Kotler, Philip Dan Gary Armstrong. 2008a. Prinsip – prinsip pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2007. Marketing. Prentice Hall. USA.
Sulistyawati, Praba. 2010. Analisis Pengaruh Citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Komputer merek thosiba di kota semarang. Jurnal Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas di Ponegoro.
Suroso, Agus. 2010. Paktor-faktor yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian notebook. Jurnal institut teknologi surabaya.
Swastha, basu, dan T. Hani Handoko. 2000. Manajemen pemasaran, analisis perilaku konsumen. Edisi pertama, cetakan ketiga. Yogyakarta : BPFE.
Article Metrics
Abstract View : 151 timesPDF Download : 59 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.