SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA BAGI SISWA SMP N 2 SUKOHARJO DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MADM.
(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author
Abstract
Setiap warga Negara berhak mendapatkan pengajaran. Hak setiap warga Negara tersebut telah dicantumkan dalam pasal 31(1) Undang-Undang Dasar 1945. Bagi setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya, dan berhak mendapatkan beasiswa bagi mereka yang berprestasi. Pembagian beasiswa dilakukan untuk membantu seseorang yang kurang mampu ataupun berprestasi selama menempuh studinya. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah system pendukung keputusan. Dalam proses pembangunan sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerima beasiswa bagi siswa SMP N 2 Sukoharjo digunakan metode FUZZY MADM. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu siswa yang berhak menerima beasiswa didasarkan atas kriteria-kriteria tertentu. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut,kemudian dilakukan proses perankingan yang akan mene ntukan alternatif yang optimal, yaitu siswa terbaik.
Keywords
References
Definisi Sistem Penunjang Keputusan (SPK) Menurut Beberapa Ahli diakses pada 26 juli 2012 dari
http://andhirao2.blogspot.com/2012/07/definisi-sistem-penunjang-keputusan-spk_26.html
Kusumadewi, Sri.,dkk. 2006. Fuzzy Multi-Atribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta. Graha Ilmu.
Kusumadewi, Sri. 2005. ”Pencarian Bobot Atribute pada Multiple Attribute Decision Making (MADM) Dengan Pendekatan Obyektif Menggunakan Algoritma Genetika”. Gematika Jurnal Manajemen Informatika. 7(1).48-56
Article Metrics
Abstract View : 142 timesPDF Download : 45 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.