SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KETIDAKDISIPLINAN SISWA SMP DI SMP NEGERI 1 SEMAKA

Andika Unggun Setiawan(1),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Disiplin diri merupakan salah satu aspek utama bagi siswa dalam upaya mengembangkan pemahaman atas potensi dirinya dan kecakapannya. Hal ini sangat di butuhkan dalam perkembangan untuk mengikuti alur dunia pendidikan. Dengan demikian pengawasan atas ketidakdisiplinan siswa diaktualisasikan melalui berbagai instrumen pengawasan dalam bentuk lisan dan tulisan, yaitu : 1. Absensi Wali Kelas, 2. Buku Kasus. Instrumen-instrumen tadi merupakan serangkaian tindakan, pengawasan dan penanganan atas ketidakdisiplinan siswa, yang selanjutnya akan dijadikan dasar di dalam pembinaan dan /atau membuat keputusan mengenai kelayakan siswa tersebut untuk naik kejenjang berikutnya atau tidak, siswa yang berprestasi didalam dirinya memiliki kemampuan kognisi, apeksi, dan psikomotoris yang mumpuni dan akan terlihat dari cara pandang, pemahaman dan ketaatan atas tata tertib di sekolahnya. Penanganan atas prilaku yang tidak disiplin atau pelanggaran atas tata tertib sekolah di lakukan dengan berbagai cara dan bentuk penanganan yang dianggap sesuai dengan tingkat dan bentuk pelanggarannya. Bentuk dan cara yang disiplin dalam penanganan suatu pelanggaran tata tertib didasarkan atas analisis permasalahan yang mendasarinya dan wujud pelanggaran. Hal ini perlu di lakukan agar akurasi penanganan permasalahan pelanggaran tata tertib dan ketidakdisiplinan siswa mencapai hal yang maksimal sesuai dengan tujuan pendidikan pada umumnya.


Keywords


Data Histori Ketidakdisiplinan, Absensi Wali Kelas, Buku Kasus

References


Dedi Supriadi. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. 2004

Djiwandono, S, E, W. 2004. Psikologi Pendidikan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarata.

Depdikbud 1989 b. kurikulum : pedoman proses belajar mengajar. Jakarta : Depdikbud

Geologi,Industri, Kedokteran, Pendidikan, Psikologi, Sosiologi dan Teknik. Edisi 6. Penerbit ”Tarsito” Bandung. Nomor Seri: tar.bdg 05050165. 508 hal.

Hartono, Jogiyanto. 1991. Analisis dan Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta : Penerbit Andi

Jamaluddin, Noor. 1978. Guru Sebagai Pembina Siswa. Jakarta : Balai Pustaka

Kusrini. Konsep dan Aplikasi system pendukung keputusan (andi Yogyakarta.2007)

Munandir. 1992. rancangan system pengajaran, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Jakarta, P2LPTY.

Mu’tadin, Z, 2002. Disiplin. (Online) http//www.e-psikologi.com. Diakses 12 Maret 2006.

Nana Sujana, Dasar-dasar proses belajar mengajar c. Bandung : sinar baru Algensindo (1989) hal 18

Prof.DR. Sudjana, M.A.,M.SC 2005. Metoda Statistika, Untuk Bidang: Biologi, Farmasi, Geologi,Industri, Kedokteran, Pendidikan, Psikologi, Sosiologi dan Teknik. Edisi 6. Penerbit ”Tarsito” Bandung. Nomor Seri: tar.bdg 05050165. 508 hal.

Salim. 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta : Modern English Press.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta :Grasindo

Turban, Efraim; Jay E. Aronson. 1998. Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Penerbit Andi.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 155 times
PDF Download : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->