SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KETIDAKDISIPLINAN SISWA SMP DI SMP NEGERI 1 SEMAKA
(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author
Abstract
Disiplin diri merupakan salah satu aspek utama bagi siswa dalam upaya mengembangkan pemahaman atas potensi dirinya dan kecakapannya. Hal ini sangat di butuhkan dalam perkembangan untuk mengikuti alur dunia pendidikan. Dengan demikian pengawasan atas ketidakdisiplinan siswa diaktualisasikan melalui berbagai instrumen pengawasan dalam bentuk lisan dan tulisan, yaitu : 1. Absensi Wali Kelas, 2. Buku Kasus. Instrumen-instrumen tadi merupakan serangkaian tindakan, pengawasan dan penanganan atas ketidakdisiplinan siswa, yang selanjutnya akan dijadikan dasar di dalam pembinaan dan /atau membuat keputusan mengenai kelayakan siswa tersebut untuk naik kejenjang berikutnya atau tidak, siswa yang berprestasi didalam dirinya memiliki kemampuan kognisi, apeksi, dan psikomotoris yang mumpuni dan akan terlihat dari cara pandang, pemahaman dan ketaatan atas tata tertib di sekolahnya. Penanganan atas prilaku yang tidak disiplin atau pelanggaran atas tata tertib sekolah di lakukan dengan berbagai cara dan bentuk penanganan yang dianggap sesuai dengan tingkat dan bentuk pelanggarannya. Bentuk dan cara yang disiplin dalam penanganan suatu pelanggaran tata tertib didasarkan atas analisis permasalahan yang mendasarinya dan wujud pelanggaran. Hal ini perlu di lakukan agar akurasi penanganan permasalahan pelanggaran tata tertib dan ketidakdisiplinan siswa mencapai hal yang maksimal sesuai dengan tujuan pendidikan pada umumnya.
Keywords
References
Dedi Supriadi. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. 2004
Djiwandono, S, E, W. 2004. Psikologi Pendidikan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarata.
Depdikbud 1989 b. kurikulum : pedoman proses belajar mengajar. Jakarta : Depdikbud
Geologi,Industri, Kedokteran, Pendidikan, Psikologi, Sosiologi dan Teknik. Edisi 6. Penerbit ”Tarsito” Bandung. Nomor Seri: tar.bdg 05050165. 508 hal.
Hartono, Jogiyanto. 1991. Analisis dan Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta : Penerbit Andi
Jamaluddin, Noor. 1978. Guru Sebagai Pembina Siswa. Jakarta : Balai Pustaka
Kusrini. Konsep dan Aplikasi system pendukung keputusan (andi Yogyakarta.2007)
Munandir. 1992. rancangan system pengajaran, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Jakarta, P2LPTY.
Mu’tadin, Z, 2002. Disiplin. (Online) http//www.e-psikologi.com. Diakses 12 Maret 2006.
Nana Sujana, Dasar-dasar proses belajar mengajar c. Bandung : sinar baru Algensindo (1989) hal 18
Prof.DR. Sudjana, M.A.,M.SC 2005. Metoda Statistika, Untuk Bidang: Biologi, Farmasi, Geologi,Industri, Kedokteran, Pendidikan, Psikologi, Sosiologi dan Teknik. Edisi 6. Penerbit ”Tarsito” Bandung. Nomor Seri: tar.bdg 05050165. 508 hal.
Salim. 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta : Modern English Press.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta :Grasindo
Turban, Efraim; Jay E. Aronson. 1998. Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Article Metrics
Abstract View : 155 timesPDF Download : 93 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.