SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN KUALITAS SAYURAN DENGAN LOGIKA FUZZY (OBJEK PADA SARUYAN KUBIS)

Abid rahmat S. P(1),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Menentukan kualitas sayuran kubis merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh seorang petani. Namun sebagian besar petani baik petani yang berpengalaman maupun yang masih baru bergelut dalam bidang pertanian akan sangat kesulitan dalam menentukan kualitas kubis pada lahan persawahaannya. Hal yang patut untuk disayangkan situasi seperti ini akan berdampak pada distribusi sayuran yang tidak optimal. Pihak-pihak yang dirugikan tentu adalah suplyer karena barang yang akan didistribusikan ke pasar-pasar tidak sesuai dengan kualitas yang diinginkan oleh pasar tersebut. Dampak lain mengenai kurangnya keakuratan menentukan kualitas kubis yang dilakukan oleh petani turut dirasakan juga oleh distributor yang menjual kubis kepasar-pasar tradisional. Jika barang yang mereka bawa tidak memenuhi standar kualitas yang diinginkan atau dibutuhkan oleh pasar, maka kemungkinan besar harga kubis akan mengalami penurunan. Dan jika barang yang mereka bawa berkualitas diatas standar, maka harga yang ditetapkan oleh distributor akan tinggi. Akibatnya orang-orang yang datang kepasar akan berfikir dua kali untuk membeli kubis karena harga mahal dan tidak sesuai dengan kemampuan atau daya beli mereka. Hal ini tentu akan berdampak buruk pada pendapatan para petani jika terus menerus terjadi kesalahan dalam menentukan kualitas kubis .


Keywords


sistem penunjang keputusan, logika fuzzy, kubis, kualitas

References


Agus, Naba. 2009. “Belajar Capat Fuzzy Logic Menggunakan MATLAB”. Yogyakarta. Andi.

Amalia, lia dkk.. 2010. Model fuzzy tahanani untuk pemodelan siste pendukung keputusan (SPK) (kasus: rekomendasi pembelian handphone).UIN syarif hidayatulloh jakarta.

Anwar, khoerul, Gunawan, Ario. 2010. Penerapan fuzzy-query database pada sistem pendukung keputusan seleksi penerimaan beasiswa. STMIK PPKIA pradnya pramita malang.

Hermanto, Nandang. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Untuk Menentukan Jurusan Pada SMK Bakti Purwokerto. Teknik Informatika. STMIK AMIKOM Purwokerto.

Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, andi, 2007.

Kusumadewi S dan H. Purnomo. 2004. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Purnomo, Dwi. 2005. Sistem pakar fuzzy penentuan dan peningkatan kualitas manggis. Jurusan teknik dan manajemen industri pertanian. Fakultas industri pertanian universitas padjadjaran Bandung.

Turban, 2005, Decision Support Systems And Intelligentt Systems ( Sistem Pendukung Keputusan Dan Sistem Cerdas) jilid 1, Andi Offset, Yogyakarta.

Yulianto, Sri J.P., Indrastanti R.W., Martha oktriani. 2008. Aplikasi pendukung keputusan dengan menggunakan logika fuzzy (study kasus: penentuan spesifikasi komputer untuk suatu paket komputer lengkap). Fakultas teknologi informasi universitas kristen satya wacana.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 103 times
PDF Download : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->