Aplikasi Mobile Learning Materi Pecinta Alam pada MAPASTIK MURA Lubuklinggau Berbasis Android
(1) Prodi Sistem Informasi, STMIK Musirawas Jl. Jendral Besar HM.Soeharto KM.13 Kelurahan Lubuk Kupang Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan
(2) Prodi Sistem Informasi, STMIK Musirawas Jl. Jendral Besar HM.Soeharto KM.13 Kelurahan Lubuk Kupang Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan
(3) Prodi Teknik Informatika, STMIK Musirawas Jl. Jendral Besar HM.Soeharto KM.13 Kelurahan Lubuk Kupang Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan
Corresponding Author
Abstract
MAPASTIK MURA merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa para Pecinta Alam, dalam melaksanakan kegiatannya penyampaikan materi masih dilakukan secara manual. Maka dari itu peneliti mencoba untuk membuat sebuah aplikasi mobile learning berbasis android yang dapat membantu dalam memudahkan menyampaikan materi hingga diharapkan semakin meningkatnya minat anggota baru para Pecinta Alam. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan dalam pengembangan sistem peneliti menggunakan model SDLC yakni model waterfall. Hasil penelitian berupa aplikasi mobile learning materi Pecinta Alam pada MAPASTIK MURA Lubuklinggau berbasis Android yang terdiri dari tampilan awal aplikasi, menu utama, menu materi, detail materi, menu petunjuk, menu profil, dan menu keluar dimana aplikasi ini sudah dilakukan pengujian sistem untuk memastikan aplikasi telah berjalan sesuai yang diharapkan. Dengan adanya hasil penelitian ini, maka diharapkan agar Unit Kegiatan Mahasiswa MAPASTIK MURA Lubuklinggau dapat lebih mudah dalam menyerap materi kegiatan sehingga tidak menimbulkan rasa jenuh dan bosan terutama bagi anggota baru para Pecinta Alam.
Keywords
References
T. Listyorini and A. Widodo, “Perancangan Mobile Learning mata kuliah Sistem Operasi berbasis Android,” SIMETRIS, vol. 3, no. 1, pp. 25–30, 2013.
Hidayatullah, D. Sunarto, and T. Sutanto, “Rancangan Bangun Aplikasi Pembelajaran Sandi Pramuka Pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android,” JSIKA, vol. 2, no. 2, pp. 25–29, 2013.
I. Hambali, D. Sunarto, and T. Sutanto, “Rancangan Bangun Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Android,” JSIKA, vol. 2, no. 2, pp. 106–112, 2013.
J. Verayanthi Manurung and J. Simarmata, “Aplikasi pembelajaran mata pelajaran fisika tingkat Sekolah Menengah Atas dengan metode Computer Assisted Instruction,” INTI, vol. 4, no. 2, pp. 119–125, 2014.
Murtiwiyati and G. Lauren, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia untuk anak Sekolah Dasar Berbasis Android,” KOMPUTASI, vol. 12, no. 2, pp. 1–10, 2013.
A. Arif Huda, Live Coding 9 Aplikasi Android Buatan Sendiri. Yogyakarta: Andi, 2013.
“Materi.” [Online]. Available: http://id.wikipedia.org/wiki/materi.com.
“Pecinta Alam.” [Online]. Available: http://id.wikipedia.org/wiki/PecintaAlam.com.
S. Nazruddin, Aplikasi Berbasis Android berbagai Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Mobile berbasis Android. Bandung: Informatika, 2013.
M. Yosef, Pemrograman Android Black Box. Jasakom, 2014.
A. Arif Huda, 24 Jam Pintar Pemrograman Android. Yogyakarta: Andi, 2012.
S. Nasruddin, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2012.
D. Kasman and Akhmad, Kolaborasi Dahsyat Android dengan PHP & MySQL. Yogyakarta: Loomedia, 2013.
S. R. A. dan S. M, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2013.
Satyaputra, Alfa, and M. Aritonang Eva, Java for Beginners with Eclipse 4.2 Juno. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2012.
S. R, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kost Di Pringsewu,” KMSI, 2017.
A. Ririn, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan pada SMA N 1 Sukoharjo,” KMSI, 2017.
Article Metrics
Abstract View : 285 timesPDF Download : 114 times
DOI: 10.56327/jtksi.v2i1.690
Refbacks
- There are currently no refbacks.