PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP SISTEM APLIKASI SIMPKL PADA IMPLEMENTASI KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN MENGGUNAKAN ANALISIS TAM
(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang
Corresponding Author
Abstract
SimPKL adalah sistem aplikasi online yang didesain untuk memfasilitasi mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Sistem ini dibuat untuk mengorganisir seluruh aktifitas mahasiswa yang terkait dengan kegiatan PKL mulai dari awal proses perencanaan sampai dengan pelaporan PKL. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap sistem aplikasi simPKL pada implementasi kegiatan PKL. Sampel dalam penelitian ini adalah 115 mahasiswa nonkependidikan di FMIPA yang sedang dan telah melaksanakan PKL. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dengan mengukur Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna simPKL merasa bahwa sistem simPKL dapat membantu mereka dalam proses PKL, namun kemudahan dan kemanfaatannya belum dirasakan secara maksimal. Hal ini terlihat dari skor persepsi pengguna yang berada dalam kriteria sedang. Selanjutnya perlu dilakukan evaluasi terhadap penggunaan simPKL dan mengkaji kembali beberapa bagian sistem yang memuat alur proses mulai tahap persiapan sampai dengan pelaporan kegiatan agar dapat mendukung pelaksanaan kegiatan PKL lebih baik lagi.
Keywords
References
Budi S, S.S, (2016). Persepsi Pengguna Terhadap Kemanfaatan dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Baru (Studi Kasus di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi SBI Yogyakarta). JBMA Vol.III, No.1.
Chuttur, M. (2009). Overview of the Technology Acceptance Model: Origins, Developments and Future Directions. Indiana University, USA. Sprouts: Working Papers on Information Systems, 9(37). http://sprouts.aisnet.org/9-37
Davis, F. D. (1989). Perceive Usefulness, perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quaterly Vol 13 Issue 3, p.318-340.
Davis, F. D. (1989). User Acceptance of Computer Technology : A Comparison of Two Theoretical Models User Acceptance Of Computer Technology : A Comparison Of Two, (August).
Davis, F. D. (2014). A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information Systems, (May).
Durodolu, O. (2016). Technology Acceptance Model as a Predictor of Using Information System to Acquire Information Literacy Skills. Library Philosophy and Practice (e-journal) 1450. Libraries at University of Nebraska-Lincoln.
Elise, Porter, C., & Donthu, N. (2016). Using the technology acceptance model to explain how attitudes determine Internet usage : The role of perceived access barriers and demographic, Journal of Busines Research, 59, 999-1007.
Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra’, 9(01).
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Perilaku, Edisi Kesepuluh. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Kusumah, E P. (2018). Technology Acceptance Model (TAM) of Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) Applications. Integrated Journal of Business and Economics. MPRA Paper No.84675. https://mpra.ub.uni-muenchen.de/84675/.
Said, A. G. (2001). The applicability of TAM outside North America : An empirical test in the United Kingdom. Information Resources Management Journal, 14(3), p. 37.
Sayekti, F dan Putarta, P. (2016). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun.9 No.3.
Supriyanti dan Cholil, M. (2016). Aplikasi Technology Acceptance Model Pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol.18, No.1.
Surendran, P. (2012). Technology Acceptance Model: A Survey of Literature. International Journal of Business and Social Research (IJBSR) Vol.2 No.4.
Widoyoko, E.P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Wu, B., & Chen, X. (2017). Computers in Human Behavior Continuance intention to use MOOCs : Integrating the technology acceptance model (TAM ) and task technology fit (TTF) model. Computers in Human Behavior, 67, 221–232. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.10.028
Article Metrics
Abstract View : 411 timesPDF Download : 116 times
DOI: 10.56327/jurnaltam.v10i2.693
Refbacks
- There are currently no refbacks.