PENERAPAN TEKNOLOGI WEB3D BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN DASAR SILAT
(1) Prodi Teknik Komputer Universitas Teknokrat Indonesia
(2) Prodi Informatika Universitas Teknokrat Indonesia
Corresponding Author
Abstract
PPS Betako Merpati Putih merupakan salah satu perguruan pencak silat bela diri tangan kosong dan merupakan salah satu aset budaya bangsa, saat latihan pesilat harus mengingat gerakan silat satu persatu, dalam mengingat gerakan tersebut pesilat tidak bisa hanya mengulang satu atau dua kali. Selain itu untuk belajar sendiri tanpa ada bantuan pelatih akan mengalami kesulitan, karena hanya ada buku materi tanpa ada alat peraga gerak. Untuk itu diperlukan sebuah media yang dapat membantu pesilat dalam mengingat gerakan silat dan mengatasi kekurangan buku. Web3D merupakan sebuah konsep konten interaktif web dalam bentuk tiga dimensi (3D) yang dibantu dengan WebGL (Web-based Graphics Library) sebagai engine dan merupakan Platform Application Programming Interfaces (API) library grafis 3D yang memungkinkan browser internet untuk membuat adegan 3D. Penerapan Web3D digunakan sebagai media pembelajaran silat dalam bentuk visualisasi 3D berbasis android. Berdasarkan hasil pengujian teknologi Media Pembelajaran Silat 3D dari sisi penerimaan teknologi menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) terhadap 30 responden didapatkan hasil 86% pengguna setuju Media Pembelajaran tersebut memiliki kegunaan, 85% pengguna setuju media mudah digunakan, 86% pengguna setuju berniat menggunakan media, dan 78% pengguna merasa ragu untuk benar-benar menggunakan Media Pembelajaran Silat 3D.
Keywords
References
F. Muhammad, R. A. Nugroho, and D. Turianto N, “Analisis User Experience Untuk Tingkat Keterpilihan Smartphone Android,” Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, pp. 82–91, 2016.
C. Agustina and T. Wahyudi, “Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 1, 2015.
N. Safaat, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. 2012.
A. Henrysson, Bringing Augmented Reality to Mobile Phones, vol. PhD, no. 1145. 2007.
P. Lepage, “www.html5rocks.com,” 2012. .
A. Suharso, “Model Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang 3d Berbasis Augmented Reality,” Ilm. Solusi Unsika, vol. 11, 2012.
UUD 1945 Nomor 20, “Undang - Undang Dasar Republik Indonesia,” Sist. Pendidik. Nas., no. 1, pp. 1–51, 2003.
N. A. Umar and A. Suryan, “Aplikasi Pembelajaran Dan Pengenalan Budaya Indonesia Berbasis Multimedia,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 1, 2015.
E. S. Kriswanto, Pencak Silat, I. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS, 2015.
N. B. Nugroho and S. A. P. Tri, “www.ppsbetakomerpatiputih.com,” 2011. .
S. Tornincasa and E. Chirone, “Web3D Technology applications for distance training and learning: the Leonardo project WEBD,” XII ADM Int. Conf. Hotel. …, no. August 2017, pp. 1–8, 2001.
G. Tavares, “WebGL Fundamentals,” Google Project, 2012. .
M. Pilgrim, HTML5: Up and Running. 2010.
K. Curran, A. Bond, and G. Fisher, “HTML5 and the Mobile Web,” Int. J. Innov. Digit. Econ., vol. 3, no. 2, pp. 40–56, 2012.
T. Parisi, WebGL Up And Running. Sebastopol: O’Reilly Media, 2012.
N. Gebhardt, “CopperCube,” 2008. .
F. d Davis, R. P, Bagozzi, and paul r Warshaw, “User Acceptance of computer Technology: a comparison of two theoretical models,” 1989.
D. D. Fred, “Perceived Usefulness , Perceived Ease Of Use , And User Acceptance of Information Technology,” Comput. Inf., 1989.
Fauzi, “Regional financial management information systems, technology, and performance,” Int. J. Econ. Perspect., vol. 10, no. 4, pp. 422–432, 2016.
Fauzi, “TAM Modifikasian dengan Pengimbuhan Teori Penguatan Institusi ( Kondisi yang Memfasilitasi , Tekanan Institusi dan Insentif ) terhadap Kinerja Pengguna SIPKD Modified TAM,” Universitas Gadjah Mada, 2016.
F. D. Davis, “Perceived Usefulness , Perceived Ease Of Use , And User Acceptance,” MIS Q., vol. 13, no. 3, pp. 319–339, 1989.
Article Metrics
Abstract View : 957 timesPDF Download : 492 times
DOI: 10.56327/jurnaltam.v9i1.593
Refbacks
- There are currently no refbacks.