Analisis Kelemahan Keamanan Jaringan Wireless Pada RS. Surya Asih Menggunakan QoS

Kharisma Riyanti(1), Sutejo Sutejo(2),


(1) Prodi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
(2) Prodi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Jaringan komputer saat ini merupakan suatu layanan yang sangat dibutuhkan. Jaringan komputer memungkinkan  pemakaian secara bersama data,  perangkat lunak dan peralatan. Sehingga kelompok kerja dapat berkomunikasi lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan menentukan QoS yang ada di RS Surya Asih dan menganalisa kekurangan. Dalam penelitian ini dimulai dari mengumpulkan data yang ada di lokasi baik itu perangkat keras pendukung ataupun koneksi internet RS Surya Asih telah menggunakan layanan jaringan Wireless Local Area Network (WLAN). WLAN yaitu sebuah jaringan dimana dapat dilakukan pertukaran data dan sumber daya antar komputer dalam satu gedung. Untuk mengetahui kinerja jaringan WLAN (Wireless Local Area Network Pada RS Surya Asih maka harus dilakukan sebuah analisis pengukuran parameter kinerja jaringan. QoS (Quality of Services) adalah kemampuan menjamin pengiriman arus data penting. Analisis kinerja jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) di RS Surya Asih menekankan pada proses monitoring dan pengukuran parameter jaringan pada infrastruktur jaringan seperti kecepatan akses dan kapasitas transmisi, dari titik pengiriman ke titik penerima yang menjadi tujutan, parameter yang digunakan Bandwidth, Throughput, Delay dan Packet Loss. Wireless LAN pada RS Surya Asih memiliki kehandalan yang cukup, perawatan dan ketersediaan jaringan bagus. Analisis kinerja jaringannya dilihat melalui Wireshark, Hasil Uptime dan Downtime tidak buruk, Ketersediaan perangkat lengkap dan terpenuhi sesuai kehandalannya dan perawatannya tidak sulit. Hasil pengujian parameter QoS yaitu manajemen bandwith menunjukkan penggunaan bandwith yang lebih baik dan merata bagi setiap pengguna jaringan RS Surya Asih Pringsewu.


Keywords


Wifi , RS Surya Asih, Pringsewu

References


M.Fitriansyah, Rahmat Hidayansyah, Kriswara Wilantara (2016). Analisis Jaringan Wireless Local Area Network (WLAN) Pada STMIK Palcomtech Palembang.

Silitonga, Parasian & Morina, Irene Sri.2014. Analisis QoS (Quality of Service) Jaringan Kampus dengan Menggunakan Microtic Routerboard. (Jurnal TIMES, Volume III, No.2, 2014: 19-24).

Wahyu Patrya Sasmita, 2 Novi Safriadi,ST.,MT., 3 M.Azhar Irwansyah,ST.,MT (2016). Analisis Quality of Service (QoS) Pada Jaringan Internet. (Studi Kasus : Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 699 times
PDF Download : 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->