SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DENGAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS TAMAN KANAK - KANAK DI KABUPATEN PRINGSEWU)

Jauharotun Jamilah(1), Dita Novitasari(2),


(1) Prodi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
(2) Prodi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


TK merupakan sekolah yang paling populer didunia anak-anak usia dini, hampir di setiap negara menempatkan sekolah TK menjadi sekolah yang paling utama untuk pendidikan anak. Di Indonesia banyak bermunculan sekolah TK sebagai tempat untuk mengasah kemampuan anak sejak usia dini. Hal tersebut membuat pemilihan sekolah TK khususnya di kabupaten Pringsewu menjadi suatu hal yang cukup sulit dilakukan apalagi tidak adanya website mengenai masing-masing sekolah TK yang masih kurang. Oleh sebab tersebut, penulis melakukan penelitian bagaimana membuat sistem untuk membantu dalam pemilihan sekolah TK menggunakan metode TOPSIS, dengan tujuan agar masyarakat yang ingin mencari informasi tentang sekolah TK dapat dengan mudah mengaksesnya. Begitu juga dengan pengguna yang menginginkan mendapatkan pilihan sekolah TK yang sesuai dengan keinginannya. Metode TOPSIS dipilih karena metode tersebut konsepnya sederhana, mudah dipahami, komputasinya efisien dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana.


Keywords


Pendidikan TK, sistem penunjang keputusan, topsis

References


Luxbaucher, Joe. (2004). SEPAK BOLA Taktik dan Teknik bermain (Alih bahasa Bambang Sugeng). Jakarta: PT Grafindo Persada.

Mulyadi. (2008). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Mcleod, Raymond Jr, (2005). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Andi

Turban, E. et al. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Yogyakarta: Andi Offset.

Fan, Ciang Ku., Cheng, Shu Wen. (2009). Using Analytic Hierarchy Process Method and Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution to Evaluate Curriculum in Department of Risk Management and Insurance. J Soc Sci, 19(1): 1-8.

M. M. Febri Ariyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Unggulan Di Wilayah Lampung Tengah Menggunakan Metode Topsis,” J. TAM ( Technol. Accept. Model ), vol. 5, no. 2, pp. 1–8, 2015.

Scheunemann, Timo. (2014). Ayo Indonesia. Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepak Bola Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 240 times
PDF Download : 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->