DECISION SUPPORT SYSTEM(DSS)UNTUK MENENTUKAN KONSUMEN LOYAL PADA DEALER JAYA MOTOR DENGAN METODE TOPSIS

Hani Maftuhhah(1), Oktafianto Oktafianto(2),


(1) Prodi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
(2) Prodi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Loyalitas konsumen tidak terbentuk dalam waktu singkat, tetapi melalui proses berdasarkan hasil pengalaman konsumen itu sendiri, baik dari pembelian maupun pelayanan yang terus-menerus dalam waktu yang panjang atau lama.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas konsumen. Obyek penelitian yaitu Dealer Jaya Motor  di Pringsewu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.Hasil uji asumsi klasik yang dilakukan melalui normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas menyatakan bahwa semua variabel yang digunakan tidak melanggar syarat yang ditentukan. Sedangkan menurut hasil uji kelayakan model, model regresi yang digunakan dalam penelitian ini layak untuk digunakan. Hasil uji hipotesis menunjukkan, bahwa variabel kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen serta variabel yang dominan dalam mempengaruhi loyalitas konsumen adalah variabel promosi.Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Dimana sampel yang digunakan sebanyak 10konsumen dengan kriteria penilaian adalah Repeat Order,servis berkala & reguler,Promosi, status keaktifan konsumen, lama berlangganan.


Keywords


Decision Support System (DSS),TOPSIS, PHP, MYSQL

References


Dharmmesta, B. S. 1999. Loyalitas Konsumen:Sebuah Perjanjian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Intdonesia. 14 (3): 77-84.

Karundeng, P.F. 2013. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen pada Rumah Makan Mawar SharronWanea Manado. Jurnal Emba 1(3): 639-647.

Lumintang, A.A. 2013. Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Mandi Lifebuoy di Kota manado. Jurnal Embal 1(3): 639-647.

M. M. Febri Ariyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Unggulan Di Wilayah Lampung Tengah Menggunakan Metode Topsis,” J. TAM ( Technol. Accept. Model ), vol. 5, no. 2, pp. 1–8, 2015.

Trisnawan, A. dan Amron. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Distribusi Terhadap Loyalitas Konsumen Handphone Samsung di Semarang. Jurnal Ekonomi 2(4): 8-17.

K. Slamet Hidayat, Rita Irviani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Teladan Ma Al Mubarok Batu Raja Menggunakan Metode Topsis,” J. TAM ( Technol. Accept. Model ), vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2016.

Suratno, S., Fathoni, A., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada PT Pelabuhan Indonesia III Semarang. Journal of Management, 2(2).

Suryandini Afrian, dan Indriyati. 2015. “Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Minat Peserta Didik di SMA Menggunakan Metode TOPSIS”. Jurnal Masyarakat Informatika. 6, 11.

Sri Lestari. 2013. Seleksi Penerimaan Calon Karyawan Menggunakan MetodeTopsis. SKRIPSI. Bali: Konferensi Nasional Sistem dan Informatika

Efraim Turban, dkk, 2005. Decision Support System and Intelligent System. PenerbitAndi, Yogyakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 171 times
PDF Download : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->