PENGIMPUTAN DATA BARANG PADA E-COMMERS UNTUK USAHA FASHION TOKO VIRGIAN SHOP

Dinna Tri Utami(1), Dedi Irawan(2),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
(2) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Toko virgian shop, merupakan  suatu  toko yang  bergerak di bidang  penjualan barang-barang  fashion antara lain aksesoris, baju , sepatu dan tas . Perkembangan teknologi  yang didukung  dengan perkembangan  software  maupun  hardware  yang  semakin  maju  akan  banyak  membantu  dalammempermudah  pengimputan data barang, sehingga efektifitas dan efisiensi kinerja perusahaan dapat tercapai. Realita yang ada, implementasinya di lapangan menghadapi kendala utama ketika pada

sistem pengimputan data  barang di bagian gudang, jadi pada toko virgian shop dalam sistem  pengimputan data barang tidak terarah dan tidak terorganisir sehingga fungsi dan tujuan serta keamanan suatu informasi data barang tidak teratur. Sistem pengimputan data barang merupakan sebuah kegiatan yang terdiri dari data penerimaan barang, data penjualan barang,data retur serta data stok barang yang melaporkan seluruh kegiatan keluar masuk barang di toko virgian shop, secara perhari maupun perbulan. Tujuan penulisan ini adalah untuk membuat suatu rancangan aplikasi sistem komputerisasi Pengimputan data barang yang efesien dan membuat implementasinya kedalam pemograman Microsoft delphi7.Metode pengembangan sistem yang saya gunakan adalah suatu sistem yang dikenal dengan nama SDLC (System Development Life Cycle). Hasil dari penulisan ini adalah dapat membantu dan mempercepat pengolahan data barang serta pengawasan arus keluar masuk barang sehingga penyampaian informasinya lebih efektif dan efesien. Dari penulisan yang disampaikan dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi yang ada telah dapat digunakan untuk pengimputan data barang, namun masih dapat dikembangkan lagi untuk pengolahan data yang lain yang berhubungan dengan pengimputan data  barang.


Keywords


e-commers,virgianshop,aksesoris

References


Arvyaningrum, Bhetyka. 2012. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Buku Pada Pustaka Gemilang Utama, Surakarta : Universitas Surakarta.

Basten, Andrie. 2011. Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Pada Cv Monreal, Bandung : Politeknik Telkom Bandung.

Erhans, Membuat Program DenganMicrosof Visual Basic 6, ErcontaraRajawali Jakarta, 2004

Firdaus, Visual Basic 6.0 Untuk Orang Awam, Maxikom, 2005

Henry C. Lucas, Jr, Analisis danDesain Sistem Informasi, Edisi ketiga, Erlangga, Jakarta, 1993

Halvorson.M, Step by Step Microsoft Visual Basic 6.0 profesional, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2000

Indrajit, Richadus Eko, ManajemenSystem Informasi dan TeknologiInformasi, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta 2001

Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D. Analisa

Komputer Wahana. 2006. Menguasai pemrograman web dengan PHP 5, Yogyakarta: CV. Andi.

Irawan, D., Junaidi, M., Rahsel, Y., & Udin, T. (2017). PERANCANGAN ELECTRONIC COMMERCE BERBASIS B2C PADA TOKO ATK SINDORO. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 8(1), 58-62.

Lee, Banners. 1993. World Wide Web, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Website dan e-Commerce dengan PHP, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Maryono, Bambang Eka Purnama (2012), Education Policy Development With Development Strategy Application Of National Test Exercises For Vocational High SchoolCase Study Vocational High School Bina Taruna

Mustofa, ahmad.(2015). Perancangan e-commerce penjualan komputer dan alat elektronik berbasis web pada toko damar komputer pringsewu. Jurnal TAM.Vol.4.Hal64. Stmik Pringsewu Lampung.

Pranata, Antony, Tip dan Trik Pemrograman Delphi,Yogyakarta, 1997

Wibowo, Rocky Aji. 2011. Sistem Informasi Persediaan Keluar Masuk Barang Pada Inside Distro Jakarta, Surakarta : Universitas Surakarta.

Ratnasari, Elisabet. (2014). Perancangan Alikasi E-commerce Pada Toko Jam Tanagan Alexander Cristie. Jurnal TAM. Vol. 2.Hal.20-25. Stimik Pringsewu Lampung


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 205 times
PDF Download : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->