ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MENENTUKAN KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT PADA ADIRA

Darma Dewi(1), Fiqih Satria(2),


(1) Program Studi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
(2) Program Studi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan Laporan Perkembangan Perekonomian yang di-release oleh Bank Indonesia (BI), menyatakan sepeda motor masih menjadi modal transportasi utama yang dominan digunakan oleh masyarakat dengan persentase 85.50% dan mobil 14.50%.Pertumbuhan jumlah kredit sepeda motor terus mengalami peningkatan. Adira menyatakan pada bulan juli 2012 mencatat rekor yakni 19.000 unit, Proses pembelian sepeda motor 70% dilakukan dengan cara kredit.Guna mengatasi masalah ketepatan prediksi dengan akurasi tinggi dan kecepatan waktu dalam pengambilan keputusan pengajuan kredit sepeda motor, mengingat banyaknya jumlah pengajuan kredit yang harus ditangani, maka dibutuhkan suatu sistem yang mampu menangani hal tersebut. Maka digunakan metode naive bayes untuk membangun sistem tersebut karena naive bayes telah mencapai akurasi 100% dalam melakukan prediksi. Aplikasi ini menghasilkan penelitian untuk nilai akurasi Naivebayes adalah 85 %.

 


Keywords


kredit, sepeda motor, naive bayes

References


Muslehatin,Wiwik, Muhammad Ibnu dan Mustakim.2017. Penerapan Naïve Bayes Classification untuk Klasifikasi Tingkat Kemungkinan Obesitas Mahasiswa Sistem Informasi UIN Suska Riau.Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 9. Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Bustami. 2014. Penerapan Algoritma Naïve Bayes Untuk Mengklasifikasi Data Nasabah Asuransi. Jurnal Informatika Vol. 8, No. 1.Teknik Informatika, Universitas Malikussaleh Reuleut, Aceh Utara, Aceh-Indonesia

Rahman.Fathur dan Muhammad Iqbal Firdaus.2016. Penerapan Data Mining Metode Naïve Bayes Untuk Prediksi Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp). Al Ulum Sains dan Teknologi Vol.1 No.2.Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Banjarmasin.

Nofriansyah.Dicky, Kamil Erwansyah dan Mukhlis Ramadhan.2015. Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL (Studi Kasus di CV. Sumber Utama Telekomunikasi). Jurnal SAINTIKOM Vol.15, No. 2. STMIK Triguna Dharma Medan.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 354 times
PDF Download : 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->