DECISSION SUPPORT SYSTEM MENENTUKAN KUALITAS RUMAH SUSUN PADA PEMDA PRINGSEWU MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

Abdul Aziz(1), Elisabet Yunaenti Anggraeni(2),


(1) Program Studi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
(2) Program Studi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Kualitas Rumah Susun menjadi perhatian setiap warga dan dinas kesehatan terkait. Untuk menentukan Kualitas Rumah Susun dinyatakan sehat atau tidak sehat menggunakan tiga kriteria, diantaranya: komponen rumah, sarana rumah, dan perilaku. Dalam penelitian ini untuk menentukan Kualitas Rumah Susun digunakan 10 sampel, dari hasil perhitungan didapatkan 2 rumah dinyatakan kondisi sehat dan 8 rumah dinyatakan kondisi tidak sehat. Metode TOPSIS diterapkan untuk menentukan prioritas Kualitas Rumah Susun tidak sehat, dari hasil perhitungan dinyatakan alternatif ke-2 dengan nilai preferensi 1 merupakan prioritas utama untuk Kualitas Rumah Susun tidak sehat. Dari hasil perhitungan metode TOPSIS dapat menjadi masukan bagi dinas kesehatan terkait untuk menindaklanjuti prioritas rumah tidak sehat. Hasil perhitungan sistem telah divalidasi dengan perhitungan manual didapatkan hasil yang sama, dan dapat dikatakan bahwa sistem pendukung keputusan yang telah menerapkan metode TOPSIS untuk menentukan prioritas rumah tidak sehat telah berjalan dengan baik dan sesuai.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, metode TOPSIS, Kualitas Rumah Susun.

References


Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Pedoman Teknis Penilaian Rumah Sehat, Jakarta, 2007.

Zhu Xiaoqian, Wang Fei, Wang Haiyan, Liang Changzhi, Tang Run, SunXiaolei, dan Li Jianping.

“TOPSIS method for quality credit evaluation: A case of air-conditioning market inChina”. Journal of Computational Science. 5, 99–105.

Xu Qiang, Zhang Yuan-Biao, Zhang Jing, dan Lv Xin-Guang. 2015. “Improved TOPSIS Model and its Application in the Evaluation of NCAA Basketball Coaches”. Modern Applied Science. 9, 2.

Suryandini Afrian, dan Indriyati. 2015. “Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Minat Peserta Didik di SMA Menggunakan Metode TOPSIS”. Jurnal Masyarakat Informatika. 6, 11.

Efraim Turban, et al. (2005). Decision Support System and Intelegence System Ed. 7, Prentice-Hall.

Olson D. L. 2004. “Comparison of Weights in TOPSIS Models”. Mathematical and Computer Modelling. 40, 721-727. Bibit Ikan Air Tawar menggunakan metode TOPSIS. Bandung: STMIK


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 142 times
PDF Download : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->