SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMASARAN USAHA MIKRO TELUR ASIN MENGGUNAKAN METODE AHP

Yanti Aprilda(1), Sri Ipnuwati(2),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIKPringsewu Lampung
(2) Jurusan Sistem Informasi STMIKPringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Di era globalisasi seperti saat ini, kegiatan Pemasaran periklanan telah menjadi tren dalam dunia komunikasi untuk memasarankan produk kekhalayak ramai. Agar dapat mempopulerkan suatu produk yang tadinya kurang dikenal oleh masyarakat, pemasaran dapat dijadikan sarana efektif dalam pengenalan produk tersebut pada masyarakat luas. Subjek dalam penelitian ini adalah Sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan hasil dari perhitungan AHP yang dapat memberikan kesempatan bagi para pengelola program untuk dapat membangun gagasan atau ide dan mendefinisikan persoalan-persoalan yang ada dengan cara membuat asumsi dalam suatu hirarki dan selanjutnya mendapatkan pemecahan yang diinginkan serta menerapkan dengan cerdas pendekatan matematis yang kompleks namum berdasarkan pendekatan kualitatif yang dapat diterima oleh semua stakeholder dan pengelola program.Pada penelitian ini yang diamati terdiri atas dua faktor yakni faktor kendala dan faktor pendukung dengan kriteria dan sub kriteria yang dipertimbangkan oleh kedua faktor tersebut serta alternatif yang nantinya akan dipilih menjadi strategi pemasaran terbaik untuk peningkatan penjualan telur asin.Berdasarkan hasil penelitian, alternatif A1 menghasilkan bobot sebesar 17 dengan menempati prioritas 1, alternatif A2 menghasilkan bobot sebesar 10.6 dengan menempati prioritas 2.


Keywords


AHP (Analytical Hierarchy Process), bauran pemasaran, usaha mikro telur asin, strategipemasaran telur asin.

References


Aziz. 2010. SistemPendukungKeputusanMetode AHP UntukPemilihanSiswaDalamMengikutiOlimpiadeSains di SekolahMenengahAtas. JurnalIlmuKomputer 3(2): 1-10.

Edgar elías osuna, a. A. (2007). Combining swot and ahp techniques for strategic planning . Isahp, 1-8.

Grede R. 2006. StrategiAmpuhBerbisnis. JurnalPemasaran 3(1):20-25.

Julian C. 2010. PromosiPenjualan. JurnalPemasaran 3(2): 49-55.

Mustamu, j. G. (2013). Perumusan strategi bersaing perusahaan yang Bergerak dalam industri pelayaran. Agora (pp. 1-12). Surabaya: UniVersitas kristen petra

Philip. 2005. PemasaranStrategik. JurnalPemasaranNasional 31(2): 9-12.

Rangkuti F. 2009. StrategiPromosi Yang KreatifdanAnalisis Kasus Integrated Marketing Communica-tion.PT. GramediaPustakaUtama. Jakarta.

RedidanPanuju. 2008. KomunikasiBisnis.JurnalManajemen 23(3): 705-708.

Robert A. Leitch dan K. Roscoe, (1999: 11), bukuJogiyanto HM.,

Setyono, P.H.. 2007. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menilai Kualitas Layanan Dengan Metode AHP dan Promethee”. Skripsi Ilmu Komputer. FMIPA. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Saaty,t.l,1988, The analytical hierarchy process, universitas of pittburgh, usa

Turban, E; J.E.Aronson; dan T.Liang. 2005, Decision Support System and Intelegent System, Pearson Prantince Hall, New Jersey

Yoon, K.P dan Hwang, C.L, 1995, Multiple attribute decision making;An Introduction, Sage Publications, United States of America

Zakiyah, R. 2008. AnalisisStrategiPromosi ESIA Pada PT. Bakrie Telecom TBK. InstitutPertanian Bogor. Bogor.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 520 times
PDF Download : 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->