SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (DSS) PENERIMA BANTUAN RUMAH TAK LAYAK HUNI (RTLH) PADA KECAMATAN AMBARAWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP)

Karlina Sri Mardiati(1), Oktafianto Oktafianto(2),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
(2) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Permasalahan kemiskinan di Indonesia sudah sangat mendesak untuk ditangani. Kecamatan Ambarawa merupakan salah satu kecamatan yang penduduknya tergolong berpenghasilan di bawah rata-rata. Kualitas rumah yang di tempati khususnya penduduk yang berpenghasilan rendah masih memprihatinkan diantaranya dinding rumah yang ditempati terbuat dari anyaman bambu, lantai tidak kedap air, tidak memiliki ventilasi yang cukup. Dalam menentukan siapa yang benar-benar berhak menerima bantuan rumah tak layak huni, pihak kecamatan masih mengambil keputusan dengan cara subyektif sehingga bantuan tidak tepat sasaran. Pada penelitian ini dibuat aplikasi sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP).  Hal ini bertujuan supaya penduduk kategori menengah ke bawah dan benar-benar membutuhkan mendapatkan bantuan rumah tak layak huni tersebut. Hasil yang dihasilkan adalah nilai atau bobot tertinggi yang menunjukkan kalau penduduk tersebut layak mendapatkan bantuan rumah tak layak huni ini.


Keywords


Penerima bantuan, rumah tak layak huni (RTLH), Analytical Hierarchy Process (AHP

References


Bagas Dista Ariyadi, Sistem Pendukung keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Pada Sma 1 Boja Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Universitas Dian Nuswantoro.

Dita Donita, 2013, Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Langsung Tunai Dengan Menggunakan Metode AHP,

Huberman.2008. Analisis Data. Yogyakarta. Andi

Kosasi, S. 2008. Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System). Departemen Pendidikan Nasional, Pontianak.

Laymond, Rajim. 2010. Tujuan Sistem Pendukung Keputusan. Diakses dari http://sindarku.wordpress.com, pada 7 Januari 2013

Sri Eniyati, Rina Candra Noor Santi, 2010, Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Prestasi Dosen Berdasarkan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, jurnal Teknologi Informasi DINAMIKA, Vol.XV No.2.

Muslihudin, Muhaamd & Lailatul Rohmah, 2014. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa Berprestasi Pada Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Nurul Huda Pringsewu Menggunakan Metode AHP. KNSI 2014. Makasar

Supriatin, Bambang Sudidjono W, Emha Taufik Luthfi, 2004, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima BLSM Di Kabupaten Indramayu, Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 602 times
PDF Download : 716 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->