SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN KELAYAKAN IKAN MAS MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA PEMANCINGAN PARIS

Galih Sakti P.W(1), Sri Ipnuwati(2),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
(2) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Kabupaten Pringsewu mempunyai tingkat perikanan yang cukup tinggi, khususnya ikan mas. Karena itu bisnis kolam pemancingan di kabupaten pringsewu juga semakin meningkat. Karena banyaknya pengusaha kolam pemancingan yang masih belum mengerti jenis ikan mas layak yang bagus untuk pemancingan seperti apa. Dalam penelitian ini peneliti ingin membuat Sistem Pendukung Keputusan  dengan metode Sample Additive Weighting (SAW) yang digunakan untuk menentukan kelayakan ikan mas yang akan ditampung oleh pengusaha kolam pemancingan yang masih baru. Alternatif penelitian ada tiga jenis ikan mas yaitu jenis ikan mas punten ikan mas,merah, dan ikan mas lokal. Berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan ialah harga ikan mas, berat ikan mas, dan kesehatan ikan mas. Dari hasil nilai yang diperoleh maka Vadalah ikan mas yang layak untuk ditampung oleh pengusaha kolam pemancingan dengan nilai 100.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Kelayakan Ikan mas, Metode SAW

References


Asep Kamaludin. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Alternatif Alat Kontrasepsi Menggunakan Simple Additive Weighting.

Efrain Turban, Jay E. Aronson, Ting Peng Liang dalam bukunya yang berjudul Decision Support Systems and Intelligent Systems (2008:19)

Eltri Jayanti. (2015). Penerapan Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Perekrutan Karyawan (Study Kasus: PT PERKRBUNAN NUSANTARA III MEDAN).

Elvina Lubis.(2013).Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Daerah Pertanian Menggunakan Metode SAW.

Muhamad Muslihudin, Oktafianto dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. (2016:16)

Rina Wati, Evi Mayasari. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Sapi Unggul Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Peternakan Sapi Sriagung Padangratu Lampung Tengah.

Sri Eniyati. 2011. Sistem pendukung keputusan penerimaan beasiswa dengan metode Simple Additive Weighting. Jurusan tekhnologi informasi ,Universitas Stikubank.

Wulandari, Ahmad Mustofa, Ponidi, Muhamad Muslihudin, Firza Adi Firdiansah. 2016. Decision Support System Pemetaan Lahan Pertanian Yang Berkualitas Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Padi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). SEMNASTEKNOMEDIA. AMIKOM Yogyakarta.

https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_mas

https://id.wikipedia.org/wiki/Kolam_ikan

https://id.wikipedia.org/wiki/Penangkapan_ikan_rekreasi


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 501 times
PDF Download : 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->