SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN KARYAWAN TERBAIK DI WISATA TALANG INDAH DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS : KABUPATEN PRINGSEWU)

Bayu Erlangga(1), Elisabet Y. A(2),


(1) Jurusan Sistem Informasi, STMIK Pringsewu Lampung
(2) Jurusan Sistem Informasi, STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Pemilihan karyawan terbaik secara periodik menjadi suatu proses yang lama dan rumit. Keputusan seseorang salah karena proses pemilihan karyawan berdasarkan subjektifitas. Oleh karena itu diperlukan sistem pendukung keputusan untuk proses pemilihan karyawan tersebut. Sistem pendukung keputusan ini, dapat menentukan nilai perhitungan terhadap semua kriteria. Sistem ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini merupakan suatu metode yang mencari penjumlahan terbobot. Pada studi kasus Menentukan Karyawan Terbaik Di Talng Indah Kabupaten Pringsewu, terdapat empat kriteria yaitu pekerja prestasi, pekerja aktif, pekerja peduli safety dan pekerja sehat. Setiap alternatif(karyawan) akan memiliki kriteria-kriteria tersebut. Dalam hal ini untuk menentukan karyawan terbaik dilakukan dengan cara menjumlahan bobot dari rating kinerja pada setiap alternatif untuk semua atribut. Nilai yang lebih besar akan mengindikasikan bahwa alternatif lebih terpilih. Pada kasus tersebut metode SAW ini dapat menentukan karyawan terbaik berdasarkan nilai tertinggi. Sebelumnya di Talang Indah menggunakan satu kriteria untuk satu orang dan akan dikembangkan menjadi empat kriteria untuk satu orang, setelah diuji dengan sistem hasilnya sama. Dengan demikian sistem ini mampu menangani perhitungan penilaian karyawan terbaik di Talang Indah sehingga tidak akan kesulitan dalam menentukan karyawan yang terbaik.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Penilaian Kinerja Karyawan Terbaik,SAW

References


Muslihudin Muhamad & Latifah Febriani, Decision support system penilaian kinerja karyawan pada perusahaan menggunakan metode simple additive weighting Blitarejo Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal TAM 2015.

Setiaji Pratomo, Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Additive Weighting.Universitas Muria Kudus

Sudarsono Nono, M.Kom, Nuraen Teten, S.Kom, Rahmawati Sri, S.Kom Sistem Penunjang Keputusan Pemberian Bantuan Siswa Miskin Di Sd Negeri Sukamenak Kota Tasikmalaya Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (Topsis)

Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi- Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

W Dewi Lulu Yohana., Sari Maya Rani., Rachmawati Heni., Sistem pendukung keputusan penentuan Karyawan terbaik menggunakan Metode saw (Studi kasus pt. Pertamina ru ii duma)


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 286 times
PDF Download : 317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->