E-GOVERNMENT DALAM RANGKA MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT KABUPATEN PRINGSEWU LAMPUNG

Agus Setiawan(1),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Era globalisasi sekarang ini sangat diperlukan adanya teknologi informasi untuk mengimbangi adanya perkembangan informasi. Salah satunya dengan membuat E-Government  yan dapat dijadikan tempat berkomunikasi anatra pemerintah dengan masyarakat maupun dengan pihak-pihak lainnya, misalnya dengan investor. Pergeseran paradigma ini dapat dimaknai bahwa masyarakat harus dilibatkan dalam penyelenggaraan pelayanan publik sejak tahap perencanaa untuk mengetahui tentang jenis pelayanan yang dibutuhkan, metode pelayanan yang tetbaik, mekanisme pemantauan maupun evaluasi dalam pelayanan, sehingga tanggung jawab dalam peningkatan kualitas pelayanan publik bukan hanya dipihak penyedia layanan, tetapi masyarakat ikut tanggung jawab. Penerapan e-government di Indonesia pun dinilai baik dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dalam meniningkatkan partisipasi masyarakat di dalam peranan e-government dan struktur informasi yang dimiliki oleh Pemerintahan di Indonesia. E-Government merupakan pengguna TI dan komunikasi untuk mewujudkan praktik pemerintahan yang lebih efisien dan efektif, pelayanan yang lebih terjangkau dan memperluas akses publik untuk memperoleh informasi sehingga transparasi, kontrol, akuntabilitas, penyelenggaraan pemerintah meningkat.


Keywords


e-government, masyarakat, TIK, partisipasi.

References


Arief, M ; Samaraji, M. Layoori. 2005. Analisa Hasil Survey Kondisi Teknologi Informasi Kabupaten Dalam Rangka Pengembangan Rencana Strategi E-Government. Disampaikan dalam Konferensi Nasional Sistem Informasi 2005 di ITB Bandung.

Djoko Agung Harijadi (2005), Aplikasi E-Government Pemerintah Daerah, Departemen Informasi dan Komunikasi, Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi, Bandung.

Indrajit, Richardus Eko: Rudianto, Dudy: Zainudin, Akbar. 2005. e- Government In Action. Andi Offset. Yogyakarta. Leibo, Jefta 1995. Sosial Pedesaan. Andi offt. Yogyakarta.

Indrajit, Richardus Eko : Rudianto, Duddy: Zainuddin, Akbar. 2005. E-Government In Action. Andi Offest. Yogyakarta.

Id.wikipedia.org?wiki/kabupaten_pringsewu)(2014)

Oetomo, Budi Sutejo Dharma. 2003. Jargon E-Besebess. Plus 27 Artikel Populer Dan 13 Daftar Situs. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Oetomo, Budi Sutejo Dharma, (2011).Perspektif E-Bussines:Tinjauan Teknis, Managerial dan strategi, Penerbit Andi Offest, Yogyakarta.

Rahardjo, Budi. 2001. Membangun E-Government. Dipresentasikan pada Seminar Nasional Jaringan Komputer II. Yang diselenggarakan oleh ethnic club, STMIK Dipanegara Makasar, 19 Mei 2001.

http://www.geocities.com/seminartsc.

Retnowati, Daru: Kismantoroadji, Teguh; Mudiyanto, Eko. 2006. Dasar- Dasar Komunikasi Dan Informasi Pertanian. UPN “Veteran” Yogyakarta Press. Yogyakarta.

Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiogi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1359 times
PDF Download : 297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->