PERANCANGAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMAAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DI KABUPATEN PRINGSEWU DENGAN METODE SAW (Simple Additive Weighting)

Alkindi Abdurrachman(1),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Bantuan Langsung Tunai adalah program dari pemerintah karena dikuranginya subsidi untuk BBM dan diarahkan untuk membantu rakyat miskin agar kemiskinan di Indonesia berkurang, dengan BLT ini diharapkan kemakmuran penduduk semakin merata terutama di Kabupaten Pringsewu. Namun penyeleksian penerima BLT masih bersifat wewenang dari pendata didaerah atau ketua RT setempat sehingga seringkali tidak tepat sasaran bahkan sering terjadi hanya keluarga ketua RT yang mendapat BLT padahal tergolong orang mampu. Untuk menghindari hal tersebut dan untuk mempermudah, cepat, tepat, dan akurat dalam tahap penyeleksian dibutuhkan aplikasi sistem pendukung keputusan menggunakan metode simple additive weighting.

Keywords


SAW, Sistem Penunjang Keputusan, BLT

References


Dadan Umar Daihani (2001). Perancangan Sistem Pengambil Keputusan. Grasindo. Jakarta

Edy Nugroho. (2008). Sistem Penentuan Penerima Bantuan Langsung tunai dengan Metode Analitycal Hirarchy Proses, Jurnal Informatika, Universitas Ahmad Dahlan.

Jogiyanto, H.M. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Edisi III, Yogyakarta: Andi Offset.

Kadarsyah (2002). Sistem Keputusan dan Sistem Informasi. Grasindo. Jakarta

Muchamad Nuh, (2012). Pembangunan sistem informasi presensi siswa pada Sekolah Menegah Atas (SMA) SMA N 1 Rembang berbasis finger print, indonesian jurnal on computer science. Universitas Surakarta.

Raymond (1995). Sistem Penunjang Keputusan. Grasindo. Jakarta

Srieniyati.2011.perancangan sistem pengambilan keputusan untuk penerimas beasiswa menggunkan metode SAW. Jurnal Teknogi Informasi.171-176.

Turban, Efraim, et al .(2009). Decision Support Systems and Intelligent Systems. Yogyakarta : Penerbit Andi Wijaya, (2009,) Modul, Pengetahuan tentang data flaw diagram. Yogyakarta: Modula


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 265 times
PDF Download : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->