SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEMAIN FUTSAL STMIK PRINGSEWU DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Dedi Adriyansyah(1),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Pemilihan pemain pada suatu team futsaluntuk bermain pada suatu pertandingan dapat mempengaruhi hasil yang dicapai pada pertandingan tersebut. Hal ini mengakibatkan pemilihan pemain menjadi hal yang sangat penting. Setiap pelatih memiliki metode dan aspek-aspek yang menjadi bahan pertimbangan tersendiri dalam pemilihihan pemain. Beberapa diantara metode tersebut memiliki tingkat subjecktivitas yang tinggi terhadap pendapat atau perasaan. Hal ini akan menjadi berbahaya jika pendapat atau perasaan palatih itu salah. Belum ada suatu sistem yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan pemain yang berhak bermain dalam pertandingan secara komputeriasasi Untuk membantu pihak pelatih untuk memproses pemilihan pemain futsal maka dibuatlah suatu Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode SAW sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan oleh pihak Manajemen team. Metode SAW ini dipilih karena metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif. Dengan sistem tersebut diharapkan dapat membantu proses pemilihan pemain dan penilaian akan lebih tepat karena berdasarkan nilai kriteria dan bobot yang sudah ditentukan sehingga dapat memperoleh hasil pemain futsal yang lebih akurat dan efisien


Keywords


FUTSAL, Sistem Pendukung Keputusan, MADM, SAW, Kriteria.

References


Khoirudin , Akhmad Arwan. ( 2008). SNATI SistemPendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Calon Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Dengan Metode Fuzzy Associative Memory.

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

Kusumadewi, dalam jurnal Henry Wibowo S, Riska Amalia, Andi Fadlun M, Kurnia Arivanty (2007). Fuzzy Multiple Attribute Decision Making FMADM.

Kusumadewi, Sri. (2005). Pencarian Bobot Atribut Pada Multiple-Attribute Decision Makingdengan Pendekatan Objektif Menggunakan Algoritma Genetika. Diakses pada 17 April 2009dari http://cicie.files.wordpress.com/2008/06/srikusuma ewi-jurnal-genetika.pdf.

Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Kusumadewi, Sri. (2007). Diktat Kuliah Kecerdasan Buatan, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

http://www.maxwell.syr.edu/maxpages/faculty/gmbonham/ecpr.ht

Mumtaz, Fahmi. (2011). Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Pemain Tim Sepakbola. Teknik Informatika, ITB, Bandung.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pendukung_keputusan

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 574 times
PDF Download : 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->