SISTEM APLIKASI PEMBELAJARAN BANGUN RUANG UNTUK SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

Yuyun Yulianti(1),


(1) Jurusan Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung
Corresponding Author

Abstract


Matematika merupakan satu diantara mata pelajaran dalam kurikulum pendidikan nasional merupakan ilmu yang mendasari perkembangan teknologi modern. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas belajar dengan menggunakan alat peraga model Bangun Ruang untuk Sekolah Dasar, menggambarkan proses rancang bangun multimedia interaktif pada mata pelajaran Matematika Sekolah Dasar, mengetahui hasil validasi multimedia interaktif, metode angket atau kuesioner. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai siswa dalam pelajaran Matematika rendah, pembelajaran bersifat konvensional, dan multimedia interaktif yang mendukung pada mata pelajaran Matematika belum tersedia. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Langkah-langkah model pengembangannya meliputi: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Setelah mencapai tahap pengembangan dihasil produk awal kemudian divalidasi oleh seorang ahli isi matapelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Selanjutnya produk di uji cobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba kelompok kecil, uji coba perorangan, dan uji coba lapangan. Pada penelitian ini, kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data hasil review ahli dan uji coba siswa. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pennelitian menujukan proses rancang bangun multimedia interaktif. Hasil penelitian yaitu penerapan alat peraga model bangun ruang dalam Pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas fisik, penerapan alat peraga model Bangun ruang dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas mental, penerapan alat peraga model bangun ruang dalam pembelajaran dapat meningkatkan emosional siswa, penerapan alat peraga model bangun ruang dalam pembelajran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 


Keywords


aktivitas, matematik, alat peraga model, multimedia interaktif.

References


Eko, handoyo, Aplikasi Sistem Rumah sakit Berbasis Web Pada Sub system Farmasi Menggunakan Framework Prado, penerbit Eko Handoyo semarang, 2008.

Kadir, A., Konsep dan tuntunan Praktis Basis Data, Penerbit Andi Yogyakarta, 2005

Rini, Handayani, Analisis Faktor-faktor yang Menentukan Efektivitas Sistem Informasi pada Organisasi Sektor Publik, penerbit Rini Handayani, 2010.

Santika, Adi, Wira, I Made, dkk, Layanan Informasi Untuk Pasien Rumah Sakit Menggunakan SMS, penerbit Iwan Binanto, 2010

Gatot Muhsetyo. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarata: Universitas Terbuka.

Clara Ika Sari Budhayanti, dkk. 2008. Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta: Departmen Pendidikan nasional

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika Di SD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pengertian pembelajaran menurut para ahli. http://www.sarjanaku.com/2012/11/pengertian-pembelajaran-menurut-para.html.diunduh


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 271 times
PDF Download : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROCIDING KMSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

 

-->