Implementasi Metode Lean UX dan Efek Positifnya Pada Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Materi Ikatan Kimia

Andang Wijanarko(1), Febrian Solikhin(2), Edwar Antoni(3), Hanif Nur Fadhil(4),


(1) Program Studi Sistem Informasi, Universitas Bengkulu
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Bengkulu
(3) Program Studi Informatika, Universitas Bengkulu
(4) Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Bengkulu
Corresponding Author

Abstract


Kimia adalah ilmu yang abstrak untuk dipelajari. Salah satunya adalah materi Ikatan Kimia yang memuat konsep-konsep abstrak sehingga membutuhkan media pembelajaran sebagai alat bantu untuk memahami materi tersebut. Disisi lain, melalui implementasi kurikulum 2013 peserta didik diharapkan lebih aktif untuk memahami materi secara mandiri. Perkembangan teknologi menjadi peluang bagi para guru di sekolah-sekolah untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajarannya. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan mengimplementasikan permainan ke dalam pembelajaran di kelas. Pembelajaran berbasis permainan (game) dapat membuat peserta didik lebih tertarik dalam mengikutinya. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan sebuah game edukasi yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam memahami materi Ikatan Kimia. Game edukasi yang dibuat dimulai dari pengumpulan data, pengembangan game edukasi menggunakan metode Lean UXyang terdiri dari declare assumption, create MVP, run an experiment, feedback and research, selanjutnya diakhiri dengan penyampaian kesimpulan dan saran. Dari hasil eksperimen terhadap game yang dikembangkan, hasilnya memiliki efek positif terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada meteri Ikatan Kimia. Efek positif tersebut berdasarkan uji Anova dengan nilai sig. sebesar 0,003. Besar signifikansi ini kurang dari taraf kepercayaan (0,05) maka dapat dinyatakan bahwa penggunaan game edukasi yang dibangun menggunakan metode Lean UX mempunyai perbedaan rata-rata yang signifikan terhadap prestasi belajar.


References


A. Susilo and A. Sofiarini, “Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran,” Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 4, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

K. M. Rini, “Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013,” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 3, no. 2, pp. 460–470, Oct. 2014, Accessed: Dec. 23, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/4462/3435

M. T. Al-Hariri and A. A. Al-Hattami, “Impact of students’ use of technology on their learning achievements in physiology courses at the University of Dammam,” J Taibah Univ Med Sci, vol. 12, no. 1, pp. 82–85, 2017.

F. Solikhin and A. Wijanarko, “The Development of Android-Based Learning Media (Chemdroid) on The Topic Thermochemistry to Improve The Students’ Achievement,” JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), vol. 6, no. 2, pp. 138–152, Aug. 2021, doi: 10.20961/jkpk.v6i2.46849.

F. Solikhin, J. Ikhsan, and K. H. Sugiyarto, “A need analysis in developing virtual laboratory according to the chemistry teachers,” in International Conference of Chemistry (ICCHEM), 2019, pp. 1–6. doi: 10.1088/1742-6596/1156/1/012020.

I. Maryana, S. Made, C. I. Made, and D. Waluyo, “Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Deret Bilangan di Sekolah Menengah Atas,” Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, vol. 9, no. 2, pp. 19–30, 2018.

Melisa. Prawitasari and Heri. Susanto, “RETROGRESI PENGGUNAAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MASA PANDEMI COVID-19,” Jurnal Education and Development, vol. 9, no. 4, pp. 173–177, 2021.

I. S. Areni, I. Amirullah, Z. Muslimin, and ..., “Pengenalan Pembelajaran Interaktif Berbasis Game di SDN 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkep,” Panrita Abdi-Jurnal …, vol. 3, no. 2, pp. 177–183, 2019, [Online]. Available: http://journal-old.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/6551

J. Wijaya and D. Udjulawa, “Rancang Bangun Edugame ‘Erik The Scientist’ Mempelajari Sistem Periodik Unsur Kimia,” Julyxxxx, vol. x, No.x, pp. 1–5, Accessed: Oct. 26, 2021. [Online]. Available: www.rsc.org/periodic-table/[6],

D. Putranto, W. A. Ulfah, S. Muhammadiyah, and B. Belitung, “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK MULTILATERAL BERBASIS ROLE PLAYING GAME ( RPG ) PADA SISWA SEKOLAH DASAR Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin UPT Publikasi dan,” pp. 17–25.

M. Minarni, A. Malik, and F. Fuldiaratman, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK MEDIA KOMIK DENGAN 3D PAGE FLIP PADA MATERI IKATAN KIMIA,” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, vol. 13, no. 1, Feb. 2019, Accessed: Dec. 23, 2022. [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/15984

Jeff. Gothelf and J. Seiden, Lean UX: Applying lean principles to improve user experience. O’Reilly Media, Inc., 2013.

Rubin, Jeff, and D. Chisnell, “How to plan, design, and conduct effective tests,” in Handbook of usability testing, vol. 17, 2008, p. 348.

I. Mawar. Auliya, G. Muhamad. Azrino, and I. Kresna, “Prototype Desain User Interface Aplikasi My School Menggunakan Metode Lean UX,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 3, no. 4, pp. 626–635, Jul. 2022, Accessed: Dec. 19, 2022. [Online]. Available: http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/1806/1202

M. A. Pranata, F. E. Naufalina, and O. A. Supriadi, “Perancangan Aplikasi Meditasi Untuk Mengatasi Stres Dan Burnout,” eProceedings of Art & Design, vol. 7, no. 2, pp. 987–992, Aug. 2020, Accessed: Jan. 02, 2023. [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/12453

H. Holz and D. Meurers, “Interaction Styles in Context: Comparing Drag-and-Drop, Point-and-Touch, and Touch in a Mobile Spelling Game,” Int J Hum Comput Interact, vol. 37, no. 9, pp. 835–850, 2021, doi: 10.1080/10447318.2020.1848160.

“User Interface Elements | Usability.gov.” https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/user-interface-elements.html (accessed Jan. 02, 2023)


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 130 times
PDF Download : 68 times

DOI: 10.56327/jtksi.v6i1.1394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.