Penyusunan Proses Bisnis dan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (SOP AP) pada Kelurahan Sepinggan

Yulia Dwi Cahyanti(1), Yuyun Tri Wiranti(2), Lovinta Happy Atrinawati(3),


(1) Institut Teknologi Kalimantan
(2) Institut Teknologi Kalimantan
(3) Institut Teknologi Kalimantan
Corresponding Author

Abstract


Kelurahan Sepinggan merupakan perangkat daerah yang paling dekat dan berhubungan langsung dengan masyarakat untuk memberikan pelayanan publik. Namun, pada Kelurahan Sepinggan proses pelayanan dijalankan secara langsung berdasarkan pengalaman, sehingga dapat terjadi kekeliruan. Alur proses juga memakan waktu lebih lama dari ketentuan yang ditetapkan akibat para pegawai menjalankannya dengan tidak ada yang menjadi acuan pedoman. Penelitian ini dilakukan untuk memodelkan proses bisnis dan menyusun SOP AP pada Kelurahan Sepinggan menggunakan BPMN dan flowchart dengan beberapa tahapan mulai dari tahap identifikasi masalah, persiapan dan perencanaan proses bisnis, verifikasi proses bisnis, pengembangan proses bisnis, penilaian kebutuhan dan pengembangan SOP AP, verifikasi SOP AP oleh process owner, serta pengesahan oleh Lurah. Penelitian menghasilkan sebanyak 34 proses bisnis baru, terdiri dari peta proses bisnis level 0, 1 dan 2 yang kemudian diverifikasi sebanyak dua kali untuk perbaikan alur prosesnya. Karena alur proses telah tergambar jelas sesuai model proses bisnis dan hanya perlu menambahkan beberapa informasi, sehingga terdapat 34 SOP AP dengan verifikasi sebanyak satu kali. Proses bisnis dan SOP AP yang telah dibuat dapat menjadi pedoman bagi Kelurahan Sepinggan dalam melakukan aktivitas sehingga pekerjaan bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Monitoring dan evaluasi untuk pemodelan ulang proses bisnis dan SOP AP minimal dilakukan setahun sekali dengan mengevaluasi terhadap dokumentasi proses bisnis dan SOP AP Kelurahan Sepinggan, evaluasi berdasarkan renstra baru, perubahan struktur organisasi maupun pembaharuan regulasi.

Keywords


Kelurahan Sepinggan, Proses Bisnis, SOP AP

References


S. Yudhanto and Laksmi, “Analisis proses bisnis kurasi data penelitian di Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah,” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 17, no. 2, pp. 223–237, 2021, doi: https://doi.org/10.22146/bip.v17i1.2411.

H. Stiyawan, M. Mansur, and V. M. M. Noor, “Dampak Tidak Patuh Terhadap Pelaksanaan SOP Alur Rawat Jalan di Rumah Sakit ‘X’ Malang,” Ekspektra J. Bisnis dan Manaj., vol. 2, pp. 01–16, 2018, doi: 10.25139/ekt.v2i1.641.

R. A. Rahmah, “STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) SEKSI DISIPLIN DAN PENGEMBANGAN APARATUR PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KOTA PARIAMAN,” UNIVERSITAS ANDALAS, 2018.

KEMENPANRB RI, “PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2018 TENTANG PENYUSUNAN PETA PROSES BISNIS INSTANSI PEMERINTAH,” 2018.

KEMENPANRB RI, “PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 35 TAHUN 2012 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ADMINISTRASI PEMERINTAHAN,” 2012.

Z. Ahmad, “PEMODELAN PROSES BISNIS Penjelasan Associations pada BPMN,” 2020.

M. Dumas, M. La Rosa, J. Mendling, and H. A. Reijers, Fundamentals of Business Process Management. Berlin Heidelberg: Springer, 2013.

R. K. Ningtiyas, F. Pulansari, and K. R. Hayati, “Penerapan Business Process Management (BPM) (Studi Kasus: Proses Bisnis Mengeksekusi dan Mengelola Rencana Penjualan di Divisi Niaga PT PJB Services),” J. Teknol., vol. 11, no. 1, pp. 65 – 71, 2018.

L. P. Dewi, U. Indahyanti, and Y. Hari, “Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Activity Diagram Uml Dan Bpmn ( Studi Kasus Frs Online ),” Informatika, pp. 1–9, 2017.

Y. Yudhanto, “Pengantar BPMN : Business Process Modeling Notation,” IlmuKomputer.Com, pp. 1–8, 2016.

M. Weske, Business Process Management: Concepts, Languages, Architectures, Second Edi. Berlin/Heidelberg, Germany: Springer, 2012.

E. Rahayu, W. M. Kifti, Rohminatin, and Santoso, Analisis Proses Bisnis. Medan: Penerbit Yayasan Kita Menulis, 2021.

R. Siburian, S. Lukman, and L. Kurniawati, “ANALISIS PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT PROVINSI DKI JAKARTA,” J. Ekbang, vol. 3, pp. 1–19, 2020.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 194 times
PDF Download : 74 times

DOI: 10.56327/jtksi.v5i3.1236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.