Pengaruh Crowdfunding Pada Platform Teknologi Kitabisa.com Terhadap Masyarakat Indonesia

Eric Pranata(1), Syifa Nur Islami(2), Sugianto Sugianto(3), Said Teguh(4), Junaidi Junaidi(5),


(1) Universitas Internasional Batam
(2) Universitas Internasional Batam
(3) Universitas Internasional Batam
(4) Universitas Internasional Batam
(5) Universitas Internasional Batam
Corresponding Author

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) membawa dampak besar bagi platform penggalangan dana berbasis online (crowdfunding) seperti kitabisa.com dalam memudahkan seseorang berupa donasi melalui sistem berbasis online. Penelitian ini dapat dikemukakan gagasan dalam upaya dalam mengembangkan civic engagement masyarakat terhadap seseorang yang sedang kesusahan dalam memenuhi dana untuk kebutuhan pokok. Penelitian yang akan kami lakukan yaitu kuantitatif dan data yang diperoleh berasal dari hasil survey online melalui google form. Subjek penelitian ini untuk mencari para-para donator pada situs kitabisa.com diseluruh Indonesia untuk mengumpulkan data dari responden sebanyak 300 responden yang terlibat pada penelitian ini. Analisis yang akan kami gunakan adalah metode Structural Equation Modeling (SEM) dan software SPSS AMOS. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi seluruh masyarakat Indonesia terkait penggalangan dana online, situs kitabisa.com sangat baik dalam hal pemakaian karena sangat mudah sekali dipakai dalam hal melakukan donasi. Platform penggalangan dana kitabisa.com telah membuktikan semakin maju nya teknologi semakin juga bertambahnya jumlah para donator dari waktu ke waktu semakin banyak juga yang melakukan donasi di platform penggalangan dana dikarenakan sangat memudahkan dalam melakukan donasi. Dampak crowdfunding terhadap seluruh masyarakat Indonesia adalah sebagai donator harus mempunyai kelima indikator dari perilaku prososial yaitu berbagi, membantu, menyumbang, kooperatif, dan kejujuran. Kegiatan yang dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia setelah menjadi partisipan platform crowdfunding memiliki relasi yang baik dalam bentuk civic engagement. Metode yang tepat dalam mengatasi permasalahan sosial pada masa kini yaitu dengan cara mengembangkan civic engagement melalui crowdfunding.


Keywords


Teknologi, Platform, Penggalangan Dana

References


Aji, H. M., Albari, A., Muthohar, M., Sumadi, S., Sigit, M., Muslichah, I., & Hidayat, A. (2021). Investigating the determinants of online infaq intention during the COVID-19 pandemic: an insight from Indonesia. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 12(1), 1–20. https://doi.org/10.1108/JIABR-05-2020-0136

Ali, H., & Salomo, R. V. (2021). Factors and Effect of Social Assistance Information to Donor Decision for NGO Crowdfunding in Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3099–3113. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.2028

Baber, H. (2020). Secrets of successful crowdfunding campaigns. Advances in Business Related Scientific Research Journal, 11(2), 17–30.

Baskoro, B. D., & Karmanto, G. D. (2020). Intensi Masyarakat Dalam Menyalurkan Zakat, Infaq, Dan Shadaqah (Zis) Melalui Penggunaan Platform Crowdfunding. Point, 2(2), 95–109. https://doi.org/10.46918/point.v2i2.748

Fitriana, N. Della, & Hamdan, H. (2021). Pengaruh E-Product Knowledge, E-Social Influence, Dan E-Trust Terhadap Keputusan Berdonasi Di Aplikasi Kitabisa. Com. Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 271–286.

Hardjosubroto, R., Rahardja, U., Anggraini, N., & Yestina, W. (2021). Penggalangan Dana Digital Untuk Yayasan Disabilitas Melalui Produk UMKM Di Era 4.0. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.34306/adimas.v1i1.229

Hidayanto, S., & Kartosapoetro, I. S. (2020). Strategi Digital Branding pada Startup Social Crownfunding. Komunikatif, 9(1), 19–33.

Irawan, D., Puspitasari, A. A., Wibawani, S., & Astuti, W. (2022). Persepsi Keamanan , Kepercayaan , dan Akuntabilitas Perusahaan Terhadap Niat Berdonasi Melalui Fintech Crowdfunding. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6(1), 73–89.

Kenang, I. H., & Gosal, G. (2021). Factors Affecting Online Donation Intention in Donation-based Crowdfunding. The Winners, 22(2), 97–104. https://doi.org/10.21512/tw.v22i2.7101

Khofifah, S., Theresiawati, & Widi, I. W. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Website Crowd Funding. Matrik, 23(2), 168–181.

Nasafi, F. (2020). Factors Affecting Society Intention to Use the Equity Crowdfunding Platform. International Journal of Emerging Trends in Engineering Research, 8(6), 2245–2248. https://doi.org/10.30534/ijeter/2020/06862020

Pataropura, A. (2022). Online Crowd Funding Platform Information System. JURNAL ALGOR, 3(2), 44–51.

Regner, T., & Crosetto, P. (2021). The long-term effects of self pledging in reward crowdfunding. Technological Forecasting and Social Change, 165(628902), 1–23. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120514

Sidiq, R. S. S., Jalil, A., Willya, R., & Achmad, W. (2021). Virtual World Solidarity: How Social Solidarity is Built on the Crowdfunding Platform Kitabisa.com. Webology, 18(1), 192–202. https://doi.org/10.14704/WEB/V18I1/WEB18083

Sulaeman, S., & Ninglasari, S. Y. (2020). Analyzing the Behavioral Intention Factors in Using Zakat-Based Crowdfunding Platform in Indonesia. International Journal of Zakat, 5(3), 1–19. https://doi.org/10.37706/ijaz.v5i3.267

Sulaiman, S. M., Muhammad, Y., & Muhammad, M. A. (2021). an Assessment of the Intention To Accept Shariah Compliant Crowdfunding Mode of Financing in Borno State, Nigeria. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 7(4), 687–708. https://doi.org/10.21098/jimf.v7i4.1271

Utami, C. B., & Slamet, S. (2021). What Drives Consumer Satisfaction in Using Islamic Financial Technology? International Journal of Islamic Business Ethics, 6(1), 27. https://doi.org/10.30659/ijibe.6.1.27-36

Wahjono, S. I., Marina, A., Fam, S.-F., & Rasulong, I. (2021). Crowdfunding as a Business Innovation to Finance SMEs for Sustainable Development Goals to Anticipating the Impact of Corona Virus Pandemic Disease (Covid-19) in Indonesia. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020-Accounting and Management (ICoSIAMS 2020), 176(ICoSIAMS 2020), 315–323. https://doi.org/10.2991/aer.k.210121.044

Wahyuningsih, R. D., Ningrum, L. A., Nawangsari, Y. D., Ekonomi, F., & Malang, U. N. (2021). Optimalisasi Crowdfunding bagi Perkembangan Startup Muda di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 1(6), 661–672.

Warapsari, D., & Campaign, B. (2020). Crowdfunding sebagai Bentuk Budaya Partisipatif pada Era Konvergensi Media: Kampanye #BersamaLawanCorona (Kitabisa.com). AVANT GARDE, 8(1), 1–19.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 410 times
PDF Download : 120 times

DOI: 10.56327/jtksi.v6i1.1208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.