ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TWITTER MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE BERBASIS CLOUD COMPUTING

Rizky Maulana(1), Sri Redjeki(2),


(1) Jurusan Teknik Informatika STMIK AKAKOM, Yogyakarta
(2) Jurusan Teknik Informatika STMIK AKAKOM, Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Twitter merupakan jejaring sosial dengan pertumbuhan tercepat sejak tahun 2006 menurut MIT Technology Review (2013), Indonesia menempati Negara ketiga penyumbang tweet terbanyak dengan jumlah 1 milyar tweet. Fakta tersebut menjadikan Twitter menjadi salah satu sumber data text yang dapat digali dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan melalui metode-metode pengambilan data teks atau text mining, salah satunya adalah analisis sentimen pengguna terhadap tokoh-tokoh publik indonesia. Penelitian ini membuat sebuah sistem yang dapat melakukan analisis sentimen pengguna twitter terhadap tokoh publik secara real time dengan menggunakan Twitter Streming API dan metode Support Vectore Machine (SVM) memanfaatkan pustaka libSVM sebagai salah satu machine learning untuk text classification. Algoritma Porter digunakan dalam proses stemming untuk ekstraksi fitur dan metode Term Frequency untuk pembobotan. Perangkat lunak dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk sisi server yang berjalan pada platform cloud Windows Azure dan Java untuk sisi client yang berjalan pada platform Android. Dari hasil penelitian dengan 1.400 tweet pada dataset dan 200 data uji didapatkan akurasi sebesar 79,5%.


References


Ahmad Hidayatullah. 2014. Analisis Sentimen dan Klasifikasi Kategori Terdahap Tokoh Publik Pada Twitter. Universitas Pembangunan Veteran. Yogyakarta.

B. Liu. 2012. Sentiment Analysis and Opinion Mining, Morgan & Claypool Publishers.

B. Liu. 2010. Handbook of Natural Language Processing, chapter Sentiment Analysis and Analysis, 2nd Edition. Chapman & Hall / CRC Press. Prancis.

Ferry Yuwono. 2012. Algoritma Porter Stemmer For Bahasa Indonesia Untuk Pre-Processing Text Mining Berbasis Metode Market Basket Analysis. Universitas Kristen Petra.

Janardhana, Ravikiran. 2012. How to build a twitter sentiment analyzer?, (http://ravikiranj.net/posts/2012/code/how-build-twitter-sentiment-analyzer/, diakses 18 September 2015).

J. Han, M. Kamber, and J. Pei. 2006. Data Mining: Concepts and Techniques, Second Edition, 2nd ed. Morgan Kaufmann. California.

Kowalczyk, Alexandre. 2015. How to prepare your data for text classification?, (http://www.svm-tutorial.com/text-classification-prepare-data/, diakses 10 September 2015)

Noviah Dwi Purtanti. 2014. Analisis Sentimen Twitter untuk Teks Berbahasa Indonesia dengan Maximum Entropy dan Support Vector Machine. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Nurvirta Monarizqa. 2014. Penerapan Analisis Sentimen Pada Twitter Berbahasa Indonesia Sebagai Pemberi Rating. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

R. Feldman dan J. Sanger. 2006. The Text Mining Handbook. Cambridge University Press. Cambridge.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 2656 times
PDF Download : 597 times

DOI: 10.56327/jurnaltam.v6i0.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.