ELECTRONIC GOVERNMENT PEMBERDAYAAN PEMERINTAHAN DAN POTENSI KELURAHAN (Studi Kasus : Kelurahan Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu, Pringsewu)

Danang Kusnadi(1), Jamal Ma’ruf(2),


(1) STMIK Pringsewu
(2) STMIK Pringsewu
Corresponding Author

Abstract


Era globalisasi, perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat dan semakin meningkatnya kualitas manusia, mengakibatkan adanya upaya dari pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan pelayanan pubiknya melalui E-goverment. E-gavernment adalah istilah yang sangat populer saat ini,dimana secara umum E-govenment adalah upaya mengaplikasikan pelayanan kepemerintahan  melalui sistem informasi berbasis komputer. Kelurahan Pringsewu Selatan  ini dalam  mengembangan  suatu potensi kelurahan masih secara  manual  tidak menutup kemungkinan data-data yang  disampaikan  kurang  akurat ataupun cepat,  lagipula adanya potensi-potensi kelurahan yang belum optimal serta terjadinya perubahan data-data di kelurahan perlu mendapatkan perhatian yang serius dari semua pihak. Dengan adanya sistem informasi ini maka dalam waktu yang cepat data dapat dicari sehingga dapat meminimalkan waktu, biaya serta kesalahan yang mungkin terjadi.  Penulis melakukan penelitian dengan  membangun aplikasi yang bertema “E-government Pemberdayaan Pemerintah dan Potensi Kelurahan Pringsewu Selatan  Berbasis Web”. Yang meliputi tahapan perencanaan, analisis, desain, dan implementasi sistem. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka, sistem informasi yang penulis bangun berbasis web dengan pemrograman PHP.


References


Djoko Agung Harijadi. (2005) Blueprint Aplikasi E-Government Pemerintah Daerah. Departemen Komunikasi dan Informatika, Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi, Bandung.

Hadwi Soendjojo. (2005) Implementasi E-Government Sejumlah Pemerintah Daerah. Jakarta : Departemen Komunikasi dan Informatika.

Hartono, Dwiarso Utomo dan Edi Mulyanto. (2010). Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan dan Potensi Desa Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi : Universitas Dian Nuswantoro.

Instruksi Presiden Nomor. 3 Tahun 2003, Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.

Kadir, Abdul. (2009). Membuat Aplikasi Web dengan PHP dan Database MySQL. Andi Offset : Yogyakarta.

Kenneth C. Laudon dan Jane P Laudon (2008). Management Information System Managing The Digital Form. Salemba Empat : Jakarta.

Nia Karniawati, Romi Rahmadani. Analisis Kebijakan Penerapan E-Government Melalui Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Majalah Ilmiah Unikom.

Paryati. (2010). Aplikasi CMS E-Government di Bidang Pariwisata Menggunakan Sistem Operasi Mac OS. Yogyakarta : UPN “Veteran” Yogyakarta.

Wikipedia. (2013). Pengertian Kelurahan

Zainal A. Hasibuan. (2008). Langkah-Langkah Strategis dan Takstis Pengembangan E-Government Untuk PEMDA. Fakultas Ilmu Komputer : Universitas Indonesia.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1401 times
PDF Download : 650 times

DOI: 10.56327/jurnaltam.v5i0.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.